Kenapa Mayoritas Pengendara Motor Sering Tewas Terlindas Truk ataupun Bus? - IKPM KAIRO

Minggu, 29 Juni 2014

Kenapa Mayoritas Pengendara Motor Sering Tewas Terlindas Truk ataupun Bus?


Kairo-Darussalamcentercairo. Tak jarang kita temukan pengemudi sepeda motor yang tertabrak/terlindas kendaraan bermuatan berat seperti truk atau bus. Beberapa dari penyebabnya adalah para supir yang (biasanya) ugal-ugalan dan pengendara motor yang menyalip sembarangan kemudian tergelincir secara tiba-tiba di depan ataupun di samping kendaraan bermuatan berat itu. Peristiwa ini menimbulkan pertanyaan, apakah supir truk/bus tersebut tidak punya hati nurani?

Seorang supir truk mengaku bahwa dia lebih memilih untuk menabrak pengendara sepeda motor yang tergelincir di depannya dari pada berhenti mendadak dan terjadi kecelakaan beruntun. ''Daripada menyebabkan kecelakaan yang bisa timbul banyak korban, lebih baik satu nyawa melayang'', terang salah seorang supir truk.

Supir trailer atau truk bisa saja menghentikan laju kendaraannya yang bermuatan berat secara tiba-tiba, untuk menyelamatkan nyawa sang pengemudi motor yang jatuh atau tergelincir tepat di depannya. Tapi, tindakan ini justru berakibat fatal apabila muatan truknya terguling ke kanan atau ke kiri hingga mencederai banyak korban yang berada tepat di sampingnya. Bahkan tidak tidak menutup kemungkinan akan terjadi kecelakaan beruntun dan kemacetan lalu lintas.

Demikian pula dengan supir bus yang tegas bersaksi. ''Dari pada mengorbankan nyawa seluruh penumpang bus, lebih baik nyawa satu atau dua orang pengemudi motor yang hilang''. Pilihan yang sangat sulit dan tidak bersolusi untuk para supir malang.

Bahkan, salah satu supir yang tak bermoral lebih memilih melindas korban hingga tewas dengan alasan agar tak membebaninya dan perusahaan yang bertanggungjawab atasnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang mengenaskan seperti ini, hendaknya para pengemudi sepeda motor berhati-hati saat melajukan sepeda motornya dan memperhatikan hal-hal berikut:

1. Hindari berhenti mendadak didepan truk dibawah jarak 12 meter.

2. Perhatikan selalu lampu sein truk ataupun bus

3. Nyalakan selalu lampu belakang motor


4. Hindari tindakan asal selip kendaraan bermuatan berat

Tidak ada komentar: