Tahukah Kamu, Mengapa Manusia Bisa Bermimpi? - IKPM KAIRO

Minggu, 29 Juni 2014

Tahukah Kamu, Mengapa Manusia Bisa Bermimpi?

Tidakkah anda merasa penasaran, mengapa saat kita tertidur kita bisa bermimpi? Dan sering kali saat terbangun, mimpi itu membuat kita menjadi penasaran. Apa yang sebenarnya terjadi ketika kita sedang tertidur dan bermimpi?

Rata-rata orang yang sedang tertidur selama 8 jam, akan bermimpi selama kurang lebih 100 menit. Menurut penelitian, 95% dari mimpi kita, tidak bisa diingat oleh otak kita. Mimpi yang biasanya kita ingat itu adalah mimpi yang terjadi saat sebelum kita terbangun dari tidur. Lalu, mengapa kita bisa bermimpi? 

Organ tubuh kita yang bernama otaklah yang membuat kita bisa bermimpi. Informasi-informasi yang diterima oleh panca indra akan ditransfer ke otak, kemudian otak akan mengatur apa saja yang kita lakukan ketika kita sedang tertidur. Otak kita akan menterjemahkan informasi apa saja yang ia terima. Misalnya, saat kita makan, rasa apakah yang kita rasakan, atau saat kita berjalan di bawah terik sinar matahari, apa yang kita rasakan, dan lain sebagainya. Walaupun panca indra kita tidak bisa bekerja saat kita tertidur, tapi organ tubuh kita yang sangat hebat tersebut, masih bisa bekerja walaupun dalam keadaan tertidur. 

Otak kita bisa menciptakan imajinasi saat kita sedang tertidur, inilah yang terjadi saat kita sedang bermimpi. Otot-otot tubuh tidak aktif saat kita sedang bermimpi. Inilah yang menyebabkan terbatasnya gerakan-gerakan yang bisa kita lakukan ketika kita sedang bermimpi. Sehingga kita pun tidak bisa melukai diri sendiri, ataupun orang lain. Ketika kita bermimpi sedang dalam masalah, maka disitu akan timbul sebuah penyelesaian atau jalan keluar. Inilah salah satu bukti bahwa otak kita masih bisa bekerja dan berpikir saat kita sedang tertidur. 

Dan tahukah anda? Ternyata mimpi itu sangatlah penting bagi kita. Selain berperan penting dalam memperbaiki sel-se tubuh manusia, dengan bermimpi tubuh kita juga bisa membuang zat-zat yang tidak berguna sekaligus memulihkan otak kita. Otak memperbaiki diri dan melakukan reorganisasi saat kita sedang tertidur. Tidur dan bermimpi dapat membuat otak kita menjadi lebih segar. Terbukti bukan, jika setelah kita tertidur ketika bangun otak terasa sangat fresh.


Tidak ada komentar: