Top Ad unit 728 × 90

Home

Hidup Sehat




            Kesehatan merupakan idaman setiap insan yang ada dunia ini, karna kesehatan itu tak ternilai harganya, dan kesehatan tidak dapat di tukar sekalipun dengan harta benda. Sayangnya banyak dari para ikhwan dan akhwat yang menyia-nyiakan kesehatan itu, mungkin dengan cara berpola hidup yang kurang benar, misalnya begadang, tidur pagi, tidur di sore hari, merokok, jarang melakukan olahraga dan lain sebagainya. Maka sesungguhnya yang dapat merasakan indahnya sehat hanyalah orang sakit, karna ketika orang terserang penyakit, harapan utamanya adalah kesembuhan, dan akan menyadari betapa berharganya kesehatan itu.
            Betapa indahnya jika para ikhwan dan akhwat dapat mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah Azza wa Jalla berupa kesehatan, terlebih kesehatan jasmani dan rohani. Karna banyak diantara kita yang masih belum diberi kesempatan untuk merasakan kesehatan itu. Seperti halnya anak bayi yang terlahir tanpa tangan, tanpa kaki, dan lain sebagainya, dan mungkin karna faktor musibah yang menimpanya sehingga cacatlah jasmaninya. Apabila kita kurang bisa mensyukuri akan nikmat-Nya, mari kita tengok saudara-saudara kita yang belum mendapatkan nikmat itu.
            Dari Ibnu ‘Abbas ra beliau berkata: “Nabi Muhammad bersabda dua kenikmatan yang dapat memperdaya manusia adalah sehat dan waktu luang.” (HR. al-Bukhori). Kita dapat mengutip dari hadist ini bahwa kenikmatan yang dapat meperdaya manusia adalah sehat dan waktu luang. Dengan sehatnya jasmani, banyak diantara manusia yang lalai akan tujuan hidup. Mungkin masih banyak diantara kita yang diberi nikmat berjalan namun tidak menggunakan untuk berjalan menuju tempat kebaikan, malah digunakan menuju tempat maksiat, diberi nikmat mendengar tapi digunakan untuk mendengar gibahan orang, diberi nikmat melihat akan tetapi digunakan untuk melihat yang tidak patut untuk dilihat. Na’udzubillahi min dzalik, semoga kita tidak termasuk di dalamnya.
            Selain sehat jasmani, kita harus menjaga kesehatan rohani, karna sehat rohani juga sangat penting bagi kita semua. Apabila rohani kita sehat maka sehatlah jasmani kita, tapi belum tentu jika jasmani sehat, rohani kita juga akan ikut sehat. Mulai dari hati, akal, fikiran, semuanya harus terjaga, agar saling berkesinambungan antara sehat jasmani dan rohani.
قال رسول الله عليه وسلم : ألا و إنَ في الجسد مضغة إذا صلحت صلح الجسد كله و إذا فسدت فسد الجسد كله ألا و هي القلب (صحيح البخاري)
Rasulullah SAW bersabda: “Ketahuilah sesungguhnya dalam jasad terdapat segumpal daging, apabila dia baik maka jasad tersebut akan menjadi baik, dan apabila dia buruk maka jasad tersebut akan menjadi buruk, ketahuilah segumpal daging tersebut adalah hati.” (Shohih Bukhori)
            Sebagai ikhwan dan akhwat yang baik, marilah kita menjaga kesehatan jasmani dan rohani kita. Bersyukur dengan cara memulai pola hidup sehat, meninggalkan hal-hal yang dapat merusak jasmani dan rohani kita. kesehatan diibaratkan sebagai mahkota, karna ia adalah kekayaan yang amat berharga, karna letaknya di atas kepala sendiri, maka sulit bagi kita untuk melihatnya.
“KESEHATAN ADALAH MAHKOTA YANG BERSEMAYAM DIATAS KEPALA ORANG-ORANG SEHAT, DAN HANYA BISA DI LIHAT OLEH ORANG-ORANG YANG SAKIT.”

Hidup Sehat Reviewed by Darussalam Center Cairo on 18.20.00 Rating: 5

1 komentar:

  1. Saya tertarik tentang artikel Anda pada kesehatan ini.
    Saya juga memiliki artikel yang sama tentang kesehatan yang dapat Anda kunjungi di http://ps-ik.gunadarma.ac.id

    BalasHapus

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.