Top Ad unit 728 × 90

Home

Menghidupkan Talaqi Menghidupkan Tradisi Keilmuan al-Azhar (Talaqi Perdana Mahasiswa Baru 2014)


Jam di sekretariat IKPM Cabang Kairo menunjukkan angka 9 pagi. Bersama belasan kawannya, Avicenna sedang lahap menyantap sarapan di pagi itu. Seakan berlomba, mereka silih berganti adu cepat menyuap hidangan yang diletakkan di nampan yang sangat besar.

Tak ada yang spesial di menu pagi itu, hanya nasi, telur dadar dan sayur. Namun bagi Avicenna dan kawan-kawannya, bisa jadi telur dan sayur ini menjadi hidangan yang terenak yang bisa mereka dapatkan. Berhubung kawanan ini akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, sedang masakan Mesir masih belum mau bersahabat dengan perut mereka. Jika tak makan sekarang, alamat kelaparan kemudian.

15 menit berselang, Avicenna dengan kemeja garis-garis yang ia bawa langsung dari Indonesia telah siap melangkah keluar menuju mahattah gami menunggu bis 80 coret yang akan mengantarkannya ke Masjid Azhar.

Hari itu akan menjadi hari perdananya mengikuti talaqi bersama Syeikh Hisyam Kamil Hamid As Syafi'i al-Azhari. Seorang Imam dan Khatib di Masjid al-Azhar yang juga seorang doktor dalam bidang syariah. Syeikh penganut madzhab Syafi'i ini dikenal sangat ramah. Beliau banyak membuka halaqah-halaqah ilmu dan senantiasa ringan tangan memberikan buku-buku berkualitas kepada mereka yang hadir di majelis ilmunya.

Setelah satu jam perjalanan akhirnya ia bisa merasakan udara pagi masjid al-Azhar. Disana Ust. Ziaulhaq telah menantinya dan menyambut rombongan dengan hangat untuk berbagi pengetahuan tentang Universitas al-Azhar. Sesekali kepala Avicenna terangguk-angguk mengiyakan ataupun terkesima dengan sejarah yang ada pada al-Azhar. Dari briefing singkat itu Avicenna seakan semakin yakin bahwa keputusannya untuk memilih Azhar sebagai perguruan tingginya adalah keputusan yang tepat. Disinilah surga ilmu agama. Apapun yang ingin dipelajarinya dalam ulumuddin dapat diraihnya disini.

Tak lama kemudian, talaqi bersama Syeikh Hisyam dimulai. Rupanya wajah Asia Tenggara seperti mendominasi para murid beliau. Semua tampak khusyuk dan fokus dengan uraian bab wudhu dari kitab Qurratul Ain. Sesekali diliriknya para murid Syeikh Hisyam sibuk dengan catatan kecil ketika menemui hal yang mereka rasa sangat perlu untuk diingat baik-baik. Begitupan dengan dirinya, ia berusaha memahami setiap perkataan yang keluar dari syeikh yang masih cukup muda itu. Walau terkadang ada beberapa kata yang belum dipahaminya.

“Alhamdulillah bisa merasakan belajar langsung dari ulama al-Azhar. Duduk bersama menyimak pemaparan beliau. Inilah keunggulan al-Azhar dan ini yang saya cari. Mungkin saat ini saya belum bisa paham semua perkataan beliau. Tapi kalau gak saya biasakan ya gak bakal bisa-bisa. Insya Allah saya akan sering-sering mengikuti talaqi” ungkap mahasiswa asal Jakarta ini.

Lepas pengajian syeikh Hisyam, Avicenna bersama robongan lengkap mahasiswa baru IKPM Cabang Kairo yang berjumlah 47 orang itu menyusuri tiap sudut masjid Azhar ditemani Ust. Ziaulhaq. Ruwaq dan maktabah menjadi destinasi mereka. Perjalanan singkat itu seakan membawa kembali Avicenna bersama kawan-kawannya ke masa lalu. Kini ia bisa melihat sendiri kemegahan dan kebesaran Azhar yang sebelumnya hanya bisa ia dengar dari para pengajarnya di pondok.

Ust. Ziaulhaq kemudian mengajak rombongan untuk berziarah pula ke Masjid Sayyidina Hussein. Tempat dimana –menurut ahlu sunnah- kepala Sayyidina Hussein dimakamkan. Ulama-alama besar dari seluruh dunia jika bertandang ke Mesir pasti akan berziarah pula ke makam Sayyidina Hussein ini.

Setelah berjam-jam lamanya talaqi dan berziarah yang dimulai dari pagi hingga siang terik. Datanglah lelah namun persaan senang meyelimuti Avicenna dan kawan-kawannya. Kini saatnya mereka pulang dan siap membelah kemacetan lalu lintas Kairo menuju Asyir.
Menghidupkan Talaqi Menghidupkan Tradisi Keilmuan al-Azhar (Talaqi Perdana Mahasiswa Baru 2014) Reviewed by Darussalam Center Cairo on 22.32.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.