Top Ad unit 728 × 90

Home

Kiat Pede Hadapi Ujian


Duch... ujian bentar lagi menjelang, padahal maddahnya banyak banget. So, gimana ya?
Ujian memang butuh banyak persiapan, mental, fisik, jasmani de-el-el, de es be. Tapi jangan pesimis dulu donk, kalo kita belajar insya Allah kita bisa ngadepinnya dengan penuh percaya diri dan sukses, Amin…
Nah temen-temen untuk edisi kali ini kami punya beberapa kiat-kiat belajar yang mungkin berguna buat ngadepin yang namanya ujian, diantaranya:
  • Sebaiknya buku yang akan dipelajari dibaca daftar isinya terlebih dahulu. Istilahnya, membaca kasar supaya menghadirkan gambaran umum tentang isi sebuah buku. Diharapkan dengan ini, kita akan lebih bisa merumuskan apa yang sedang kita pelajari.
  • Menuliskan apa yang sudah dihapal. Untuk membantu kemampuan menghapal, alangkah lebih baiknya kalau apa yang udah dihapal ditulis agar supaya hapalannya lebih melekat.
  • Ketika memahami pelajaran, coba deh kita cari poin inti dari apa yang kita baca. Coz, kadang-kadang ada isi buku yang kalimatnya sering diulang-ulang dan itu yang bikin kita bingung padahal sebenernya intinya cuman sedikit. Dengan ini, kita tidak akan membuang sia-sia tenaga dan fikiran kita untuk hal yang cuman diulang-ulang.
  • Buat yang suka men-talkhis, gak ada salahnya kalo khulasoh-nya dibuat semenarik mungkin. Bisa dengan warna, atau gambar-gambar sketsa. Agar ketika kita baca khulasoh itu, gak bikin kepala tambah puyeng. Belum puyeng soal hapal, eh.. udah dibikin puyeng ngeliat khulasoh… cape, deh.
  • Trus yang gak kalah pentingnya, adalah memberi target dan manajemen waktu. Soalnya, kalo gak ditarget bisa-bisa sebulan cuman dapet satu buku, padahal kan tau sendiri, maddah-nya buanyaaak banget…
  • Sesuaikan waktu dengan kegiatan. Katanya sich, waktu yang pas dan enak buat ngapal ketika pagi. So…daripada adem ayem di bawah selimut, mending buat ngapalin maddah imtihan. Apalagi kita dah tau kalo "naumatu as-shubhi tuuritsu al-faqra," tul gak? Emang mau jadi orang fakir dan miskin rizki?
  • Next,…. diskusi ama temen bisa juga lho dijadiin sarana buat belajar. Jadi saling tukar pendapat atau informasi atas apa yang udah kita pahami tentang pelajaran yang dibahas dalam diskusi itu. Lebih banyak, lebih cepat, tes pemahaman dan efisiensi waktu gitu, lho…
  • Kalo misalnya ada waktu kosong, mending digunain buat mengulang apa yang udah dipelajari, biar ingatannya makin tajam dan lengket. Jadi, semakin tajam hapalan kita, bikin kita lebih mudah mendekati masa-masa ujian nanti.
  • Dan yang perlu diingat juga, hapalan ma yanfasy kalo kita gak paham dengan apa yang kita hapal. Pokoknya badzlul juhdi deh buat memahami tuh buku. Keep fighting, tanya sana-sini dan jangan pernah menyerah buat memahaminya. Kalo masih dalam bentuk buku, itu bukan ilmu namanya… tapi apa yang udah kita pahami dan kita dapetin, itu baru ilmu.
  • Nah yang satu ini gak boleh dilupain, doa sebelum dan sesudah belajar. Memang kelihatannya sepele dan mudah. Namun, penulis yakin setiap kita pasti pernah merasakan dahsyatnya sebuah doa berperan dalam kehidupan kita. Masih inget kan, waktu ujian dulu?
Nah sekarang tinggal bagaimana usaha kita, setengah-setengahkah or sungguh-sungguh? Dan nantinya kita sendirilah yang akan dapetin sesuai dengan keras dan maksimalnya usaha kita. Met belajar… 'asallah an yusahhilana amiin….cakrawala /najda
Kiat Pede Hadapi Ujian Reviewed by Mas Anam on 09.48.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.