Tips liburan Musim Panas - IKPM KAIRO

Jumat, 30 Januari 2015

Tips liburan Musim Panas


Bismillah, liburan musim panas sedang kita jalani. Natijah pun sedang dinanti-nanti. Inilah liburan musim panas yang kali pertamanya bagi kami. Di negeri permai nan indah ini, negeri para anbiya yang penuh dengan sejarah dan misteri. Dengan alam yang indah, masyarakat yang ramah, seni yang begitu megah, sungguh ingin rasanya kami mengelilingi seluruh sudut indah Kairo ini.

Nah, bagi temen-temen yang ingin berekreasi atau bertamasya bareng kawan-kawan yang lainnya, ke tempat-tempat bersejarah atau ke daerah yang belum pernah dikunjungi, di sini kami akan memberikan beberapa tips yang sekiranya perlu untuk diperhatikan. Diantaranya:


Kenali tempat tujuan wisata Anda dengan mencari informasi tentang daerah itu. seperti kondisi geografis, obyek wisata yang ingin dikunjugi, suhu udara, dll.
Rencanakan liburan Anda; bikin sebuah daftar hal-hal atau objek yang akan dikunjungi. Taati dan disiplin dengan daftar program yang telah Anda buat dan sepakati dapat menghindari waktu terbuang percuma, karena setelah sampai di daerah tujuan bingung menentukan daerah mana yang akan dikunjungi.

Bawalah obat-obatan yang biasa kita konsumsi apabila ada, atau perlengkapan pertolongan pertama pada kecelakaan; semacam obat antiseptik, alkohol, kapas, balsem penghangat, dll.

Apalagi sekarang musim panas, lengkapi diri dengan kacamata hitam untuk melindungi mata dan cairan penahan tabir surya (sunblock) untuk melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari.

Banyaklah minum air supaya tidak terkena dehidrasi (kondisi kekurangan cairan tubuh). Pastikan air yang kita minum sudah steril, atau minimal mendidih. Kalau bisa hindari minum dari mubarridat yang biasa tersebar di pinggir-pinggir jalanan Kairo. Lebih aman mengkonsumsi air mineral dalam kemasan atau air yang dimasak sendiri dari rumah.

Pilihlah tempat makanan yang sudah terjamin kebersihan makanannya. Usahakan makanan tersebut baru dimasak pada saat kita pesan, bukan makanan kemarin yang dihangatkan kembali (bakteri lebih cepat berkembang biak dalam cuaca musim panas).

Bersihkan badan minimal sehari sekali; terutama apabila kita sering berkeringat, berenang di air yang tidak terjamin kebersihannya atau memakai kamar mandi bersama.
Bawahlah cukup dana ‘segar’; baik berupa cash, kartu ATM dan perangkat pembantu finansial lainnya, (ini yang paling penting boz!!!).

Semoga liburan musim panas tahun ini membuka inspirasi baru bagi kita semua, dan menjadi pengalaman yang tak ternilai harganya. Dan yang terpenting, di hari-hari penantian natijah kita ini, jangan lupa isi kekosongan waktu dengan banyak berdoa, sholat sunnah, dan ibadah lainnya yang bisa mendekatkan diri kita dengan ALLAH SWT. Selamat mencoba!!! Ma'annajah. Cakrawala/azzhero.

Tidak ada komentar: