Top Ad unit 728 × 90

Home

IKPM Cairo Selaraskan Kuliah, Kajian Dan Talaqi


Bagi mahasiswa Universitas Al-Azhar, Kairo, ada tiga sumber utama untuk menimba ilmu. Yaitu, kampus, talaqi dan kajian keilmuan yang banyak tersebar dalam komunitas Masisir. Agar ilmu yang didapat maksimal, seorang mahasiswa Al-Azhar harus bisa menyelaraskan ketiga sumber ilmu tersebut. Hal ini disampaikan oleh Muhammad Rifqi Ariza, Lc dalam Seminar Sehari yang dilaksanakan di sekretariat IKPM Cabang Kairo, Rabu (18/2)

Dalam seminar yang bertemakan “Membangun Nalar Intelektual dan Pemetaan Diskursus Pemikiran” itu, Rifqi Ariza menjalaskan bahwa ketiga sumber ini sangat penting untuk dijaga keseimbangannya, karena sumber yang satu, menunjang  yang lainnya. “Jangan hanya fokus di salah satu saja. Seperti kuliah saja, nanti kita tidak pandai menulis, karena tidak diwajibkan di kuliah. Jangan juga kajian saja, nanti berkah dari menghadiri majelis ilmu tidak kita dapat, begitu juga adab kepada ulama. Atau talaqi saja tanpa kuliah, nanti tak selesai-selesai.” Ujarnya.

Seminar yang ditargetkan bagi mahasiswa tingkat 1 universitas al-Azhar Kairo ini bertujuan untuk mengajak para audiens membuat perencanaan dan pemataan yang matang untuk perjalanan keilmuan selama di Mesir. Apalagi kini, setiap mahasiswa dituntut memiliki spesiaalisasi di bidang ilmu tertentu, atau takhossus, “Mengapa kita perlu takhossus, karena ini adalah tuntutan zaman sekarang” Ujar Rifqi Ariza yang juga ketua Dari Pimpinan Cabang Istimewa Muhamadiyah Mesir.

Bersama Rifqi Ariza, Sheila Ardiana, Lc. turut menjadi pembicara dalam seminar yang berlangsung selama 4 jam ini. Dalam pemaparannya, mahasiswi peraih predikat mumtaz sejak tingkat satu hingga lulus ini, menjelaskan bahwa dalam menuntut ilmu ada 4 poin yang harus dimiliki “Kita harus punya Azimah yaitu niat, juga fokus, istiqomah dan barakah waktu.” Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan keilmuan yang dilakukan harus dijalani dengan baik, seperti kala membaca sebuah buku. Tidak cukup hanya sekedar dibaca. Ia menerangkan bahwa sebuah bacaan perlu di-review. Dengan cara menghafal, mendiskusikan, menuliskan, mengkomparasikan dan mengamalkan.

Ketua IKPM Cabang Kairo, Pangeran Arsyad, mengungkapkan “Acara ini sangat penting, karena kebanyakan mahasiwa baru masih belum bisa melihat dengan baik, jalan yang harus ditempuh dan  bagaimana cara yang terbaik untuk menempuhnya, sama seperti yang saya rasakan pas jadi mahasiswa baru. Untuk itu mereka membutuhkan sharing ilmu dan pengalaman dari senior. Dengan demikian perjalanan keilmuan bagi teman-teman mahasiswa baru akan lebih terarah dan terkawal”  


Untuk menindaklanjuti apa yang telah disampaikan dalam seminar itu, IKPM Cabang Kairo melakukakan follow up dengan membentuk kelompok kelompok kecil berjumlah 10 hingga 12 orang untuk mengadakan kajian mingguan secara berkelanjutan. 
IKPM Cairo Selaraskan Kuliah, Kajian Dan Talaqi Reviewed by Pangeran Muda on 23.35.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.