Ilmu Mantiq, Haram Li Dzatihi?! - IKPM KAIRO

Sabtu, 21 Februari 2015

Ilmu Mantiq, Haram Li Dzatihi?!


Sebelum memulai dars, sering sekali Dr. Hasan Syafii (Ketua Majmak Lughah Mesir dan Penasehat Grand Syekh Azhar) mengulang-ulang himbauan berikut ini:

"Barang siapa yang mengatakan mantiq itu haram, mempelajarinya juga haram, maka sebenarnya dia tidak tahu apa-apa! Siapapun dia, apapun jabatan dan gelarnya!"

Beliau menegaskan kembali, bahwa ilmu mantiq itu tidak haram, bahkan Nabi memakainya (khususnya dlm bab qiyas). Contohnya adalah hadis Nabi: 
وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ قَالاَ حَدَّثَنَا يَحْيَى وَهُوَ الْقَطَّانُ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ أَخْبَرَنَا نَافِعٌ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ وَلاَ أَعْلَمُهُ إِلاَّ عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَكُلُّ خَمْرٍ حَرَامٌ

"Setiap yang memabukkan adalah khamar, dan setiap khamar itu haram" (HR. Muslim).

Satu hal lainnya yg harus dipahami adalah mantiq bukan wasilah/jalan untuk mencari dan mengetahui hakekat/kebenaran (wasilah li kasyfil haqaiq), ia hanya sebagai cara berfikir saja, juga cara olah data/fakta (shiyaghah). Maka dari itu, dalam keilmuan Islam (ex: usul fiqh dan ilmu kalam) data dan fakta yang akan dipakai dalam setiap premisnya (muqaddimah) adalah dalil-dalil syari, juga hakekat-hakekat kehidupan. 

Dan setiap ulama yang mengharamkan mantiq, sejatinya mereka akan memakainya juga. Seperti Ibnu Taimiah, dia juga memakai mantiq dalam banyak bukunya. Dia hanya mengkritik mantiq Aristoteles, tapi -harus diakui- gaya kritiknya memang agak keras (ta'assuf). 

Kalian tahu Dr. Ali Sami Nasyar? Punggawa ilmu filsafat dan logika abad ini, ia sangat tidak suka sekali dengan filsafat Yunani (falsafah ighriiq). Tapi setiap muridnya akan diwasiati, jangan lupa utk belajar tiga hal: filsafat Yunani, filsafat Yunani, dan filsafat Yunani.

Intinya, qiyas dan mantiq itu tidak haram, mempelajarinya halal, asalkan tau cara penggunaannya dengan benar. 

*Petikan dars Mi'yarul Ilmi lil Ghazali, Syekh Dr. Hasan Syafii


Syekh Hasan Syafii, nafa'ana bi ulumihi fi al-darain.Syekh Hasan Syafii, nafa'ana bi

Tidak ada komentar:

@way2themes