CitizenKpm Inspirasi Dari NetCitizen Jurnalis - IKPM KAIRO

Selasa, 03 Februari 2015

CitizenKpm Inspirasi Dari NetCitizen Jurnalis


Mungkin obrolan ini terjadi ketika Malik hampir menyelesaikan ujian Al Azhar termin pertama. Saat itu kita berada di Ikpm. Dan saya sudah menyelesaikan ujian.

"Nam! Ada berita bagus". Malik memulai percakapan. 
"Berita apaan?" Jawab saya dengan semangat.
"Tau statusnya Fahmi Hasan?"
"Nggak tau". 
"Gini, kalau kita bisa ngirim video ke Net.Tv kita akan diberi uang satu juta".
"Wahhhh.. beneran? Kalau gitu kita terusin lagi proyek Video terobosan kita.  Nanti kita kirim ke NetCitizen Jurnalis"


Netcitizen adalah sebuah program dari Net. TV dengan motto setiap orang bisa menjadi jurnalis. Setiap orang bisa merekam video. Kemudian video tersebut diupload di situs NetCitizen Jurnalis. Saya ingin seperti itu. Setiap orang bebas upload.

Singkat cerita, sampai sekarang video terobosan itu belum digarap. Tapi saya menemukan inspirasi baru dari NetCitizen jurnalis tersebut. 

 Awal mula,  saya ingin mempraktekkan program ini di Soutika. setiap penyiar bisa merekam apa saja lewat HP.  Misalnya suara talaqqy sama Syeikh atau seminar di keluargaan Masisir. Kemudian diupload di blog Soutika. Jadi, soutika tidak hanya siaran, suaranya didengar dan hanya memutar lagu. Tapi, Soutika adalah media yang bisa menginspirasi kepada semua orang.

Ketika home staff IKPM liburan ke Sinai, saya, Mujaddid dan Masteng yang jaga ikpm. di sana saya punya ide lebih gila lagi. Gimana kalau Citizen Jurnalis ini difungsikan di web ikpm kairo saja? Massanya lebih banyak. Penulisnya produktif. Mempunyai berbagai media. Sistemnya pasti. Kalau di Soutika, Crewnya sedikit. Dan tidak semuaanya produktif.

Pertama kali saya menjadi pengurus media IKPM, saya dengar dari teman-teman senior ingin membuat gebrakan keren dan  sangat mulia; menyatukan media IKPM. seperti Cakrawala, DCC, La Tansa, Nun Center dan Soutika. tujuannya supaya web IKPM tidak mati. selalu ramai.

saya dan Fachri, mantan Pimred DCC ngobrol di BBM. kita kemudian memutuskan membuat program jurnalis bebas untuk teman-teman IKPM. kemarin saya berkumpul lagi bersama Pangeran selaku ketua IKPM dan Fachri untuk membahas lebih dalam lagi. Program itu kita namai CitizenKpm. dan tadi malam, program itu dilaunching bersamaan dengan acara Maulid Nabi yang berada di Auditorium IKPM.

tujuan berdirinya CitizenKPM: setiap teman-teman IKPM bebas berekspresi. bebas menulis dengan gaya masing-masing. bebas berbagi dengan cara yang dijalani. ada yang suka menulis Novel. ada yang suka buat cerpen. ada yang suka but makalah, motivasi, curhatan, Upload Video, berbagi foto, bercerita perjalanan hidupnya, puisi, note, sharing hobi dan masih banyak lainnya. maka dari itu, CitizenKpm itu kita kasih motto "karena kebaikan itu harus dibagi"

cara upload di CitizenKpm juga nggak terlalu susah. Cukup daftar sama admin CitizenKpm,  masuk di akun Gmail, Masuk blogger  terus bisa nulis. 

Setiap orang bebas menulis kapan saja. dimana saja. tidak terbatas waktu. bahkan sampai alumni Al-Azhar pun tetap bisa menulis. tetap bisa berbagi. itulah kelebihan dari program ini. untuk itu, kami mengajak teman-teman ikpm untuk bergabung dengan program ini. dan  Bagi teman-teman ikpm yang minat bergabung di CtizenKpm bisa menghubungi saya.


Facebook: /maskhoirulanam9
WA: 01158270311

Khoirul Anam



Tidak ada komentar: