5 Binatang Termungil di Dunia - IKPM KAIRO

Jumat, 27 Maret 2015

5 Binatang Termungil di Dunia

Foto bakteri terkecil yang baru-baru ini dirilis ilmuwan dari Department of Energy’s Lawrence Berkeley National Laboratory menginspirasi penulis untuk mencari tahu binatang terkecil dari tiap spesiesnya yang dapat ditemukan di bumi.
Binatang-binatang liliput yang berhasil ditemukan adalah:
1. Kelelawar Bumbleblee
Kelelawar Bumblebee. Kelelawar Bumblebee. (Arkive)
Dengan berat tidak sampai dua gram, kelelawar ini merupakan kelelawar terkecil di spesiesnya, bahkan mungkin yang terkecil dalam kelas hewan. Kelelawar Bumblebee dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah oleh sebuah badan konservasi alam Amerika Serikat, International Union for Conservation of Nature.
2. Kupu-kupu Westerm Pygmy Blue.
Kupu-kupu Western Pygmy Blue, ...Kupu-kupu Western Pygmy Blue, kupu-kupu terkecil di dunia. (Arkive)
Dengan bentang sayap sepanjang 1,3 sentimeter saja, kupu-kupu dengan warna tembaga dapat ditemukan di wilayah sebelah barat California hingga Venezuela.
3. Kuda Miniatur
Kuda ini disebut miniatur, memang karena ukurannya yang sangat mini. Kuda ini berukuran tak lebih dari 34 inci (86cm), memang ukuran yang lebih cocok untuk sebuah miniatur di rumah.
Miniature horse, atau kuda ...Miniature horse, atau kuda miniatur, tingginya tidak lebih dari 86 sentimeter, sama seperti tinggi rata-rata anjing labrador. (National Geographic)
4. Lemur tikus
Lemur tikus terkecil di dunia, ...Lemur tikus terkecil di dunia, ukurannya tidak lebih besar dari telapak tangan manusia dewasa. (National Geographic)
Lemur ini ukurannya tidak lebih dari telapak tangan manusia dewasa. Kecil mungil, namun sangat lincah dan garang.
Ada sebanyak 55 ekor lemur tikus yang dilindungi dan berada dalam pengawasan spesialis lemur di Durham, Carolina Utara. 17 diantaranya termasuk jenis lemur Madame Berthe, yang beratnya hanya satu ons atau 30 gram saja.
Lemur tikus Madame berthe, yang ...Lemur tikus Madame berthe, yang paling kecil dari jenis lemur tikus di dunia. (Arkive)
5. Paus Lentera Kerdil
Paus identik dengan kata raksasa. Tapi paus jenis ini merupakan pengecualian: ukurannya tidak lebih dari 17 sentimeter!
Paus ini hidup di perairan laut Kolombia dan Venezuela, berenang di kedalaman tidak kurang dari 283 sampai 439 meter di bawah permukaan.

Tidak ada komentar: