Cairo International Book Fair yang ke-46 - IKPM KAIRO

Minggu, 15 Maret 2015

Cairo International Book Fair yang ke-46

Oleh : Zulfikar Fawzi


Tepat dari tanggal 28 Januari s/d 12 Februari 2015 lalu, Mesir menyelenggarakan sebuah pameran buku, yaitu Cairo International Book Fair yang ke-46, yang merupakan salah satu pameran buku terbesar dan tertua di dunia Arab ini berhasil menyedot ratusan bahkan ribuan warga Kairo dan sekitarnya, mulai dari kalangan muda hingga tua, mahasiwa serta pegawai, dll. Cairo International Book Fair adalah pameran buku yang diadakan setiap tahunnya di Kairo, tepatnya di Cairo International Fair Grounds, Madinatu n-Nasr dekat universitas Al-Azhar.
            ketika mahasiwa/i sedang asyik menikmati liburan musim dingin mereka, Cairo International Book Fair ini hadir disaat tepat sebagai salah satu tujuan wisata para mahasiswa di saat libur. Mengapa sangat tepat?, tentu selain acara ini bisa menjadi wisata liburan mahasiswa, acara tahunan ini juga menawarkan beraneka ragam buku dari berbagai penerbit dan penulis dengan harga yang ramah dikantong mahasiswa. Pameran buku ini juga bisa menjadi ajang silaturahmi di kalangan pecinta buku, lain dari pada itu mahasiswa juga dapat memilih berbagai buku untuk dijadikan bahan diskusi, analisis, refrensi dari karya tulis, serta dapat menambah ide dan wawasan mereka, adapun manfaat lain dari Cairo International Book Fair ini adalah sebagai sarana untuk mewarnai pemikiran-pemikiran serta pola pikir para pembaca.
Dengan diselenggarakannya Cairo Intrnational Book Fair ini, banyak dari kalangan mahasiswa Mesir yang hadir dalam even tahunan ini, tak heran diantara para mahasiswa memborong bahkan ada yang membawa koper ketika masuk ke dalam pameran buku tersebut. Para mahasiwa sangat memanfaatkan acara ini termasuk para mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studinya di Mesir. Muhammad Athar Afif contohnya, salah satu mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studinya di Universitas Al-Azhar Kairo ini sangat antusias ketika ditemui dalam acara pameran buku ini, mahasiswa fakultas Usuluddin ini sedang asyik berburu buku-buku refrensi sesuai dengan jurusannya di bidang Tafsir, Hadist, Ulumul Qur’an dll. “ane sih beli buku melihat dari beberapa faktor, mulai dari penerbit, penulis dan harga tentunya. Alhamdulillah ada acara Cairo International Book Fair ini, ane bisa dapet banyak refrensi buat bekal di masyarakat nanti” kata mahasiswa jurusan Usuluddin ini saat ditemui di salah satu maktabah dalam pameran buku Internasional di Kairo tersebut.

Tidak ada komentar: