Cuaca Dingin Pengaruhi Sikap Seseorang, Benarkah? - IKPM KAIRO

Senin, 30 Maret 2015

Cuaca Dingin Pengaruhi Sikap Seseorang, Benarkah?

Cuaca Dingin Pengaruhi Sikap Seseorang, Benarkah?Studi: cuaca dingin dapat memengaruhi kondisi psikologis manusia, sehingga secara tidak langsung akan menentukan sikap dan pikiran mereka dalam mengambil keputusan. (thinkstockphoto)
Ilmu sains membenarkan bahwa cuaca dingin memang memengaruhi kondisi psikologis dan keputusan anda untuk melakukan sesuatu.
Berikut adalah contoh peristiwa yang membuktikan bahwa cuaca dingin dapat memengaruhi sikap anda:
1. Efek gaun merah
Para ilmuwan mengatakan, wanita akan cenderung menggunakan pakaian berwarna atau bercorak merah atau pink ketika mereka sedang dalam masa subur. Masa subur adalah masa ketika kecenderungan wanita untuk hamil sangat tinggi, karena pada masa itu sel telur dihasilkan dari ovarium. Merujuk pada fakta tersebut, wanita akan merasa lebih siap untuk bereproduksi, sehingga mereka akan lebih memikat pria dengan menggunakan warna yang dianggap sebagai pembangkit gairah seks tersebut.
2. Pembunuh berdarah dingin
Studi baru membuktikan bahwa suhu ruangan dapat memengaruhi orang untuk menghakimi pelaku kriminalitas.
Orang yang berada pada ruangan atau lingkungan bersuhu dingin akan cenderung menilai pelaku kriminalitas sebagai penjahat dengan kejahatan yang tidak dapat diampuni. Sedangkan orang yang berada di ruangan bersuhu normal atau malah cenderung  panas, akan menganggap para pelaku tindak criminal sebagai pelaku kejahatan yang sifatnya impulsif.
3. Film romantis
Orang-orang akan cenderung menentukan pilihannya pada film-film romantis saat cuaca dingin. Dalam hasil penelitian yang dijelaskan di Journal of Consumer Research, peneliti menunjukkan bahwa saat orang merasakan dingin pada fisiknya, mereka akan cenderung  mencari sesuatu yang hangat secara psikis.
 4. Kreativitas
Ternyata panas dan dinginnya cuaca juga memengaruhi porsi kreatif seseorang. Pada suatu penelitian, ilmuwan menyatakan bahwa partisipan yang menerima secangkir teh hangat dan berada di ruangan yang bersuhu lebih panas akan lebih kreatif dalam menghasilkan gambar, mengelompokkan benda dan mampu memberikan ide kado yang lebih variatif. Sedangkan mereka yang berada dalam kondisi kedinginan akan cenderung lebih baik dalam mengenali metafora, memberikan ide nama menu pasta, dan merencanakan ide abstrak untuk acara tukar kado.

Tidak ada komentar: