Kecoa Cyborg untuk Mencari Korban Bencana - IKPM KAIRO

Senin, 30 Maret 2015

Kecoa Cyborg untuk Mencari Korban Bencana


Suatu hari nanti, kecoa dapat diperbantukan untuk menemukan korban selamat pada lokasi kecelakaan.

Kecoa Cyborg untuk Mencari Korban BencanaKecoa Cyborg (Carlos Sanchez/Texas A&M University)
Kecoa Cyborg (cyborg cockroaches) suatu hari nanti dapat digunakan untuk memasuki pembangkit listrik tenaga nuklir atau reruntuhan tambang bawah tanah guna mencari lokasi korban selamat. Tim peneliti menggunakan kecoa hidup yang dilengkapi elektrode untuk menstimulasi saraf pada antena serangga. Peneliti pun dapat mengendalikan kecoa seperti mainan kendali jarak jauh. 
“Meski kecoa dianggap hama rumah, lebih baik dibandingkan dengan robot berukuran kecil yang pernah diciptakan,” kata Hong Liang, ilmuwan di Texas A&M University, Collage Station, Texas, AS, seperti dikutip Livescience, Selasa (3/3). 
Ia juga angora penulis di Journal of the Royal Society Interface mengatakan, alar pengendali jarak jauh membuat operator dapat memerintahkan kecoa pergi ke mana saja, termasuk  ke lokasi bencana yang membahayakan manusia. 
Liang dan tim memasang elektrode pada saraf kecoa jenis amerika (Periplaneta americana) dan kecoa jenis discoid (Blaberus discoidalis). Meski tampak kejam karena mengontrol fauna, kecona tetap diberi waktu istirahat.

Tidak ada komentar: