Top Ad unit 728 × 90

Home

Manfaat Tebu

Oleh : Rahmat Ali Hidayat

Tebu (bahasa inggris : sugar care) merupakan tanaman yang sering kita temukan di Indonesia, karena hanya tumbuh di daerah beriklim tropis, tanaman ini termasuk jenis tanaman rerumputan, umur tanaman ini sejak ditanam hingga bisa di panen kurang lebih selama 1 tahun, banyak kreativitas dalam mengolah tebu sehingga bisa dinikmati dan dikonsumsinya sebagai minuman yang menyegarkan seperti air tebu dan jus tebu. Begitu juga di Mesir, tak asing lagi bagi para masisir dengan tanaman ini, hanya dengan satu keping uang logam satu pound mereka dapat menikmati asob (قصب) sebagai minuman pelepas dahaga, penambah stamina dalam mengiringi langkah  yang mulia dalam menuntut ilmu, dan Alhamdulillah kita sering jumpainya di toko-toko minuman dan di berbagai tempat. Selain ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin, ternyata tanaman ini mengandung banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, menurut penelitian, kandungan gizi tebu memiliki nutrisi dan mineral, seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, dan B6, dan jus tebu kaya akan fosfor, zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium.
Berdasarkan kandungan gizi tebu, tanaman ini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, di antaranya :
Penyakit kuning
Penyebab penyakit ini dikarenakan adanya billirubin di dalam darah yang membuat menurunya fungsi hati, namun, dengan air tebu mampu mengembalikan fungsi hati.
Flu dan Demam
Banyak orang beranggapan salah, bahwa minum air tebu menyebabkan flu dan demam, bahkan memperparah penyakit. Namun sebaliknya, air tebu justru dapat meredakan flu dan demam.
Mencegah kanker
Air tebu baik untuk mencegah kanker terutama kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker payudara, karena kandungan alkali di dalamnya.
Batu ginjal
Batu ginjal terjadi karena dehidrasi di dalam tubuh, kita dapat mencoba mengonsumsi air tebu secara rutin sebagai obat yang efektif untuk menghidrasi tubuh kembali, air tebu juga mempunyai kandungan alami yang dapat membantu tubuh memecah batu ginjal.
Dehidrasi
Dehidrasi malas untuk minum air putih, sebagai alternatifnya mengonsumsi jus tebu dapat memberikan asupan cairan yang menyehatkan tubuh guna mencegah dehidrasi.
Diabetes
Gula adalah pantangan bagi penderita diabetes, berbeda dengan air tebu, walaupun dikenal sebagai bahan untuk membuat gula, air tebu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes sebab air tebu mengandung pemanis alami yang memiliki indeks glikemik yang rendah, ini akan mencegah kenaikan tingkat glukosa dalam darah jika di konsumsi secukupnya, sehingga tidak membahayakan atau memicu penyakit diabetes.
Infeksi
Dengan segelas air tebu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kaya akan antioksidan yang bisa menangkal beberapa infeksi seperti saluran kemih, penyakit menular seksual, hingga peradangan pada perut.
            Berdasarkan para ahli, mengonsumsi sari tebu baik dan aman bagi ibu hamil selama sang ibu tidak memiliki gejala atau penyakit diabetes. Sari tebu dapat memberikan energi instan, pelepas dahaga, untuk ibu hamil yang membutuhkan energi ekstra untuk menjaga kesehatanya, selain itu sari tebu juga  diketahui mengandung banyak protein yang memberikan asupan bagi ibu hamil, tentunya penting  untuk tubuh ibu hamil dan bayi dalam kandungan.
            Itulah sekilas manfaat tebu bagi kesehatan tubuh, tak ada salahnya bila kita mencoba air tebu atau jus tebu untuk menjaga kesehatan, pastinya tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya,  karena Allah melarang sesuatu yang melebihi batasannya. Dari artikel singkat ini, kita bisa mengambil banyak pelajaran dari  tebu. Dia rela dirinya diperas, dia tulus meneteskan satu  per satu saripati hasil perjuanganya selama ini, setelah itu ia tidak peduli di mana ia akan ditempatkan, bahkan seringkali ia dibuang ke tempat sampah. Namun jika orang bertanya,”Gula berasal dari apa?”semua orang akan serempak menjawab,”Tebu”,  itulah buah ketawadlu’an, ia tak kenal henti memberi manfaat orang lain. Semoga kita senantiasa bersyukur atas nikmat Allah yang ada pada diri kita dengan meningkatkan kemampuan diri untuk selalu memberikan manfaat kepada orang lain lillahi ta’ala. Wallahu A’lam
Manfaat Tebu Reviewed by syamsul ma'arif on 15.51.00 Rating: 5

1 komentar:

  1. Selain herbal yang disebutkan di artikel ini, ada jg daun insulin (daun yakon) juga bantu untuk turunkan kadar gula darah.

    Apalagi jika daun insulin (daun yakon) dikombinasi dengan herbal sambiloto dan meniran, semua dalam satu kapsul jadi kapsul yakon plus...

    untuk info jelasnya... Klik aja >>
    http://berkhasiat.web.id/jualan/diabetes-herbal-kapsul-yakon-plus/

    Atau langsung pesan ke Ryan 0813-80-262524 (SMS/WhatsApp/Telegram/Line)



    BalasHapus

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.