Top Ad unit 728 × 90

Home

Penguasa Negeri Saba' Perkenalkan Teknik Arsitektur Tinggi


Pada masa kejayaan kerajaan Saba’ atau Sheba, para raja memperluas hegemoni mereka ke seluru kawasan Arab Selatan dan menjadikan kerajaan tetangganya, yaitu Minea, sebagai negara protektornya.
Sementara area Sirwah yang berjarak sehari perjalanan ke arah barat Ma'rib dijadikan sebagai ibukota Saba’. Bangunan utamanya adalah kuil Almaqah atau Sang Dewa Bulan. Reruntuhan bangunannya yang paling penting, kini disebut al-Kharibah, bisa menampung tak kurang dari 100 orang. 

Sebuah tulisan yang dikutip dari History of The Arab menyebutkan bahwa dinding di sekitarnya dibangun oleh Yada'il, seorang mukarrib terdahulu. Tulisan lain menyebutkan, ekspedisi gemilang yang dilancarkan oleh Kariba-il Watar (sekitar 450 SM).

Pada periode kedua kerajaan Saba (sekitar 610-115 SM), penguasa nampaknya mulai menghilangkan karakteristik kependetaannya. Ma'arib, yang berjarak sekitar enam mil di sebelah timur San'an, dijadikan ibu kotanya. Kota itu berada 3.900 kaki di atas permukaan laut. Ia pernah dikunjungi oleh beberapa gelintir orang Eropa, yang pertama di antaranya adalah Arnaud, Halevy, dan Glaser. 

Kota itu merupakan titik temu berbagai rute perjalanan dagang yang menghubungkan negeri-negeri penghasil wewangian dengan pelabuhan Mediteranian, terutama Gazza. Alhamdani dalam karyanya Iklil menyebut tiga benteng di Ma'arib, namun konstruksi yang membuat kota itu terkenal adalah bendungan Sadd Ma'rib. 

Karya arsitektur yang menakjubkan ini, berikut sarana publik lainnya yang dibangun oleh orang-orang Saba’ memberi gambaran kepada kita tentang sebuah masyarakat cinta damai yang sangat maju bukan saja dalam bidang perdagangan, tapi juga dalam bidang teknik. Bagian yang lebih tua dari bendungan itu dibangun pada pertengahan abad ke-7 SM. 

Berbagai tulisan menyebutkan Sumhu'alay Yunuf dan putranya Yatsa'amar Bayyin sebagai dua pembangun utamanya, juga menyebutkan pemugaran pada masa Sharahbi-ll Ya'fu (449-450 M) dan Abrahah dari Abissinia (543 M).
Tapi, al-Hamdani dan para penulis setelahnya, yaitu al-Mas'udi, al-Ishfahani, dan Yaqut, menyatakan bahwa yang membangun adalah Luqman ibn Ad, seorang ahli mistik.     
Penguasa Negeri Saba' Perkenalkan Teknik Arsitektur Tinggi Reviewed by ikpm cabang kairo on 23.06.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.