Peranmu Menentukan Langkahmu - IKPM KAIRO

Selasa, 31 Maret 2015

Peranmu Menentukan Langkahmu

Oleh : Pimred Buletin Cakrawala

Indonesia laksana Ibu Pertiwi yang melahirkan orang-orang hebat. Menyebarnya anak-anak bangsa ke seluruh pelosok dan seantero dunia, guna menuntut ilmu. Menjadikan ini suatu hal yang luar biasa. Menggali serta mencari ilmu, yang nantinya akan dibawa pulang kembali. Semenjak kaki-kaki ribuan para masisir, pertama kali telah berdiri tegak di atas bumi kinanah. Secara tidak langsung, pada waktu itu juga di dalam hati kita telah berikrar janji. Pada Orang tua, sahabat, masyarakat, dan Indonesia. Untuk memberikan yang terbaik bagi mereka. Entah kedatangan para masisir, yang karena menyanggupi permintaan orang tua. Maupun keinginan dan tekad dari dalam diri.
          Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwasanya tipologi Mahasiswa/i di Mesir cukup banyak. Tidak hanya tiga layaknya di Indonesia, Mahsiswa/i akademisi, organisatoris, dan kupu-kupu. Karena memang banyak sekali lahan dan sarana bagi para Mahasiswa/i untuk belajar. Dari perkuliahan, talaqi, kajian, dan organisasi. Mungkin masih ada lagi beberapa tipologi  masisir yang lainnya. Lalu, dari beberapa tipologi Mahasiswa/i seperti diatas. Manakah yang akan kita pilih, sebagai peran kita?, untuk menentukan langkah kita ke depan. Yang pada akhirnya langkah ini juga akan kembali pulang ke bumi pertiwi Indonesia.
          Maka dari itu, lebih baik kita perbarui niat. Setidaknya dengan tiga niat. Yang pertama, untuk menunaikan kewajiban menuntut ilmu. Kedua, guna memberikan manfaat bagi orang lain. Dan yang ketiga, hanya mencari ridho Allah swt sebagai bekal di akhirat. Ketika niat sudah tertancap kuat dalam diri kita. Maka secara tidak langsung, badan akan bergerak, kakipun juga akan melangkah menuju apa yang kita inginkan dan raih. Banyak jalan menuju Roma, maka banyak pula jalan menuju kesuksesan. Namun, apakah kita bisa menilai bagaimana taraf sebuah kesuksesan?. Kesuksesan bersifat abstrak. Semua itu didasari oleh pendapat dan penilaian setiap individu.
          Mari kita menuju jalan menuju kesuksesan itu. Karena awal langkahlah yang akan menentukan sebuah akhir perjalanan. Di Indonesia sana, masyarakat telah menunggu kita, para anak-anak bangsa. Dengan segala harapan mereka. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam setiap langkah para pencari ilmu. Aamiin.


Tidak ada komentar: