Top Ad unit 728 × 90

Home

Sekolah Robotik Pertama Di Indonesia

Oleh : Muhammad Wahid Hasyim

Tahukah kalian sekolah robotik pertama di indonesia ???
Perkembangan teknologi sebagaimana yang kita rasakan di zaman modern ini amatlah sangat pesat. Semua itu tidak lepas dari pengaruh imu pengetahuan yang selalu berkembang dari masa-kemasa. Dan perkembangan ini akan selalu ada seiring berjalannya waktu sepanjang kehidupan ini. Belakangan ini banyak instuisi-instuisi yang berlomba dalam menciptakan jurusan yang berbasis teknologi. Bahkan menimbulkan persaingan antara satu dengan yang lainnya.
            Namun, di samping persaingan yang begitu ketat ini, Universitas Bina Nusantara (BINUS) di Indonesia keluar dengan membawa segudang manfaat bagi indonesia. Yaitu, mendirikan sebuah lembaga yang berkerjasama langsung dengan salah satu sekolah robotik terkemuka di jepang, ASO COLLEGE.

            Binus Aso School Of Engineering (BASE) merupakan sebuah program Join Venture antara Universitas Bina Nusantara (BINUS) dengan ASO COLLEGE. Dan juga satu-satunya sekolah khusus dalam bidang robotik di Indonesia. Sekolah yang memiliki program studi Automotive Robotic dan Product Design Engineering ini mencoba menggabungkan antara mesin dan komputer ke dalam sebuah produk Engineering.
            Sebagaimana yang tertulis diatas, sekolah ini mempunyai dua jurusan program studi . yaitu, Automotive Robotic dan Product Design Engineering. Meskipun berbeda tetapi program tersebut masih sama-sama fokus dalam bidang teknik, hanya bebeda dalam pengeksekusiannya. Automotive Robotic lebih mempelajari dalam hal otomatisasi pada sebuah kendaraan yang dalam artian benda mati sehingga memliki integensi yang di program di dalamanya, seperti sebuah mobil yang akan berkurang kecepatannya ketika mobil tersebut keluar dari jalur lajunya dan ini sangat membantu mengurangi tingkat kecelakaan dalam lalu lintas. Sementara Product Design Engineering hanya fokus menghasilkan produk multifungsi yang membantu dalam kehidupan manusia.
Didirikannya sekolah ini berutujuan agar membantu perkembangan bangsa Indoneisa dalam bidang robotik. Karena bangsa Indonesia termasuk salah satu bangsa yang mempunyai kegemaran dalam bidang otomotif. Dan itu sudah terbukti dari adanya kontes-kontes robotik yang sudah terlaksana di Indonesia. Dan selanjutnya hanyalah tinggal mengembangkan ilmu robotik ini agar lebih sempurna. Di lain sisi juga untuk membantu bangsa Indonesia mempersiapkan diri dalam menghadapi AFTA 2015. Sehinggga anak-anak bangsa tidak hanya menjadi penonton yang cuma duduk di kusri penonton saja, tapi ikut berkontribusi melahirkan produk-produk yang bisa menyaingi negara-negara yang yang lebih maju lainnya.
Lalu bagaimana dengan perkuliahan robot? perkuiahan dalam bidang robotik tidak sama sebagaimana perkuliahan yang lainnya. Di perkuliahan ini seorang mahasiswa harus menguasai dasar-dasar yang akan menjadi pacuan dalam perkuliahan. Maka dari itu sekolah ini dikhususkan bagi lulusan IPA. Bukan berarti lulusan IPS tidak bisa mengikuti perkuliahan ini, mereka yang lulusan IPS bisa mengikuti perkuliahan ini dengan syarat mengikuti test beberapa mata pelajaran tertentu. Selain belajar dalam bidang robotik para mahasiswa juga diberikan mata pelajaran ekstakulikuler bahasa Jepang.


Sekolah Robotik Pertama Di Indonesia Reviewed by syamsul ma'arif on 16.13.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.