Top Ad unit 728 × 90

Home

Ziarah ke makam Nabi Daniyal dan Luqmanul Hakim


Mungkin sebagian dari kita belum mengenal ataupun tahu siapa itu Nabi Daniyal a.s, bahkan di dalam al-Quran pun tidak disebutkan nama beliau, sebagaimana Allah berfirman yang artinya : Dan (Kami telah mengutus) Rosul-Rosul yang telah Kami ceritakan tentang mereka kepadamu ,dan Rasul-Rasul yang tidak Kami ceritakan tentang mereka kepadamu.” (Q.S An-Nisa : 164)

Bukan hal untuk diperdebatkan lagi bahwa percaya kepada Rasul-Rasul Allah adalah salah satu dari rukun iman kita yang enam, dan dari ayat yang telah disebutkan tadi kita dapat mengetahui bahwa ada Rasul-Rasul yang telah diceritakan oleh Allah di al-Quran dan ada juga yang tidak diceritakan.

Dari al-Quran kita mengetahui bahwa ada 25 Rasul, sedangkan sisanya masih di pertanyakan, karena memang Allah mengutus dalam setiap kaum seorang nabi, sedangkan yang wajib kita ketahui hanya 25 Rasul yang telah disebutkan dalam al-Quran. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Makam seorang Nabi yang dulu diutus oleh Allah kepada Bani Israil, yaitu Nabi Daniyal ‘Alaihissalam.

Terdapat banyak pendapat mengenai dimana letak makam Nabi Daniyal, sebagian dari sejarawan mengatakan bahwa Nabi Daniel dimakamkan di sebuah makam kuno yang terletak di Benteng Kirkuk di kota Kirkuk di Irak. Sebuah makam lain di Susa, Iran, juga diklaim sebagai makam Daniyal. Selain itu juga, sebagian masyarakat Mesir meyakini bahwa makam Nabi Daniyal terletak di Alexandria, Mesir. Bahkan, ada yang menyangka Nabi Daniyal dimakamkan di Samarqand, Uzbekistan.

http://www.buahzuriat.net/

Dari beberapa tempat tadi disebutkan mungkin hanya Alexandria lah yang paling dekat untuk dikunjungi, walaupun secara pasti kita masih belum tahu dimana letak asli makam beliau, berdekatan dengan makam Nabi Daniyal yang terlelak di kota Alexandria terdapat sebuah kuburan kecil yang diklaim sebagai makam Luqman Hakim, tentunya kita sudah sering mendengar tentang nama beliau, sebagaimana disebutkan di dalam al-Quran yang artinya : “dan ingatlah ketika Luqman berkata pada anaknya dan dia menasehatinya “Wahai anakku! Janganlah engkau syirik kepada Allah, sesungguhnya syirik itu adalah kedzaliman yang besar”

Betapa indah nasehat Luqman yang dia berikan kepada anaknya sehingga Allah menjadikannya salah satu nama surat di al-Quran, dalam kalangan ulama nama Luqman masih diperdebatkan, apakah ia seorang Nabi atau bukan, beberapa dari mereka berpendapat bahwa beliau bukanlah seorang Nabi, melainkan seorang Waliyullah, seorang wali yang diberi hikmah oleh Allah SWT.

Diriwayatkan bahwa Luqman berasal dari Sudan/Mesir, berkulit hitam, bibirnya tebal dan kulit kakinya pula retak-retak. Juga dikatakan bahawa sebaik-baik orang dari benua Afrika itu adalah 3 orang, iaitu: Bilal bin Robah, Mahja’ (yakni hamba sahaya Sayidina Umar ibn Khattab) dan Luqman al-Hakim. Orang yang ke empat pula ialah an-Najasyi (Raja Habsyah yang beriman di zaman Nabi Muhammad Saw.).

Ibnu Qutaibah berkata: “Luqman adalah seorang hamba Habsyi kepada seorang lelaki dari kalangan bani Israil. Kemudian beliau dibebaskan dan diberikannya harta.”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, dia telah berkata: Rasullullah Saw. pernah bersabda:

“Adakah engkau semua tahu siapakah dia Luqman? “Mereka pun menjawab: “Allah dan Rasul-Nya saja yang lebih tahu.” Beliau bersabda: “Dia adalah seorang Habsyi.” Pendapat yang mengatakan dia adalah seorang habsyi, adalah dari lbnu Abbas dan Mujahid.

Demikianlah siapa itu Luqmanal Hakim. Tidak kira siapapun dia, yang penting beliau adalah seorang yang mempunyai hikmah kebijaksanaan. Kata-katanya diberkati Allah dan dikaramkan di dalam al-Quran.

Alangkah mulianya jika kita menyempatkan sejenak waktu kita untuk sekedar berziarah dan berdo’a di makam beliau-beliau, untuk teman-teman yang ingin berizarah ke sana tinggal tancap gas saja, sambil menikamati indahnya kota Alexandria jangan lupa bertabaruk dan bertawasul di makam Auliayaillah. Enjoy!

Ziarah ke makam Nabi Daniyal dan Luqmanul Hakim Reviewed by syamsul ma'arif on 16.33.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.