Drone Ini Mampu Terbang & Berenang di Air - IKPM KAIRO

Minggu, 05 April 2015

Drone Ini Mampu Terbang & Berenang di Air


Umumnya drone dapat terbang di udara dan melakukan tugas pengawasan atau pengintaian. Namun, drone yang dapat berenang di air mungkin belum pernah dibuat sebelumnya.
Dilansir Engadget, Minggu (5/4/2015), drone yang dapat terbang dan menyelam ini dikembangkan untuk dapat berburu kapal selam. Drone inovatif tersebut diciptakan oleh tim ahli dari Angkatan Laut Amerika Serikat.
Drone ini bisa berenang dan saat berada di permukaan air, dengan gerakan cepat drone yang berbentuk persis bebek itu bisa melayang ke angkasa. Tim pengembang di US Navy menamakan drone mereka dengan sebutan Flimmer.
Drone dibekali dengan baling-baling yang terletak di bagian belakang dan juga sayap. Pengembangan terbaru memungkinkan drone memiliki empat buah sirip yang mendukung pergerakan drone saat berada di air.
Pada saat terbang, empat buah sirip pada Flimmer bisa bertindak sebagai stabilisator. Sedangkan pada saat di air, sirip ini membantu drone untuk meningkatkan kecepatan laju.
Tim ahli di US Navy masih terus mengembangkan drone ini agar dapat mendarat dengan mulus di laut berombak. Nantinya, bila drone ini sudah diterapkan di lapangan, US Navy tidak perlu repot menempatkan 'stationary sonar buoys' untuk mendeteksi kapal selam milik musuh.

Tidak ada komentar: