Top Ad unit 728 × 90

Home

Kisah Puting Beliung dan Awan Kumulonimbus



Hujan kembali mengguyur sore ini pasca-angin puting beliungmelanda kawasan Bandung Timur, Jawa Barat pada Kamis 18 Desember 2014 kemarin. Walikota Bandung Ridwan Kamil pun memperingatkan warganya untuk waspada.

"Warga Bandung hujan mulai datang, mohon bersiaga jika bentuk awan membentuk pilinan vertikal seperti tornado," kata Ridwan Kamil dalam akun Twitter-nya, Jumat (19/12/2014). 

Warga di selatan Pulau Jawa memang harus mewaspadai potensi angin puting beliung dalam beberapa hari ke depan. Karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hingga 3 hari ke depan, kawasan Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah bagian selatan, dan Jawa Timur bagian selatan memiliki potensi puting beliung.

Apa itu puting beliung?

Puting beliung merupakan sebutan lokal untuk tornado skala kecil yang terjadi di Indonesia. Berupa angin kencang yang datang secara tiba–tiba, mempunyai pusat, bergerak melingkar seperti spiral hingga menyentuh permukaan bumi dan musnah dalam waktu singkat, sekitar 3–5 menit.
"Puting beliung merupakan angin yang berputar seperti tornado dan belalai," jelas Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Kukuh Ribudiyanto kepada Liputan6.com.
Kukuh mengatakan, kekuatan tornado yang menerjang Indonesia adalah yang terkecil. Jika berdasarkan Skala Fujita dari F0-F5, maka kekuatan tornado di Tanah Air berada pada skala terkecil, yakni F0. Luas daerah yang terkena dampaknya sekitar 5–10 kilometer alias sangat lokal. 
"F0 kisarannya 25 knot atau sekitar 45 km/jam," papar Kukuh.

Sebenarnya, sambung dia, daya rusak puting beliung tak terlalu besar. Namun daya jangkau angin dari awan yang menuju ke daratan terbilang luas untuk sekali hempasan. Di bagian ujung-ujung puting beliung, kecepatan anginnya bahkan sampai 40 knot atau sekitar 75 km/jam.
Kisah Puting Beliung dan Awan Kumulonimbus Reviewed by ikpm cabang kairo on 22.05.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.