Taman Bermain Berusia 2 Juta Tahun Ditemukan - IKPM KAIRO

Rabu, 01 April 2015

Taman Bermain Berusia 2 Juta Tahun Ditemukan

Taman Bermain Berusia 2 Juta Tahun DitemukanCekungan Nihewan di Tiongkok. Diduga pada tempat ini telah ditemukan taman bermain kuno berusia 2 juta tahun. (Xu Ming/Global Times via Ancient Orgins)
Sebuah situs taman bermain berusia dua juta tahun telah ditemukan di Provinsi Hebei, Tiongkok. Situs ini merupakan teman bermain hominid kuno yang terdiri dari 700 objek batu dan 20.000 fragmen. Pemimpin penelitian Wei Qi mempercayai beberapa di antara temuannya itu adalah mainan khusus anak-anak.
Ia juga berspekulasi, objek denga panjang kurang dari dua inci dibuat oleh ibu untuk anak-anaknya. “Anda akan merasakan cinta serta gairah semangat si pembuat,” ujar Wei.
Situs ini berada tepat pada sebuah cekungan di Nihewan yang juga menjadi sumber penemuan harta kuni sejak 1921. Melalui proses magnetik, temuan ini diprediksi lebih tua dibandingkan situs Dmanisi di Georgia yang disebut-sebut UNESCO sebagai yang paling tua.
Meski demikian, penelitian ini juga meragukan adanya teori tentang ‘bermain’. Pasalnya sulit untuk menyingkirkan kemungkinan bahwa fragmen batu yang ditemuak bisa saja dibuat karena proses kekuatan alam.
Penemuan diNihewantelah menantangperspektifbahwa Afrikaadalah satu-satunyaasal-usul manusia.Hal ini umumnya percayabahwahominidpertamabermigrasikeluar dari Afrikasekitar1,8 jutatahun yang lalu,tetapi jikaadahominiddi Tiongkokpada saat yang samaatau sebelumnya, ini menunjukkanbahwa baik merekameninggalkan Afrikasebelumnya.Atauhominidindependenberkembangdi Tiongkokpada saat yang samawaktu.

"Waktunyasangat menarik,"kataWei."Inibisa membukapintu untukdiskusibaru tentangasal-usulhominin."

Tidak ada komentar: