Top Ad unit 728 × 90

Home

Thailand sudah kepincut N219 buatan PT DI meski belum rampung


Proyek pembuatan pesawat terbang N219 yang dikerjakan PT Dirgantara Indonesia (DI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terus dikebut. 2016 dari target 2017 yang diminta Presiden Jokowi untuk produksi massal optimis diraih.

Saat ini pembuatan prototipe sudah mencapai 80 persen. Agustus 2015 ditargetkan sudah bisa roll out dan akhir tahunnya sudah bisa mengudara untuk pertama kalinya. Belum juga rampung, namun beberapa pemesan sudah mengantre salah satunya negeri Thailand.

"(Pemesan) sudah ada. Termasuk dari Angkatan Udara dan agak jauh dari Thailand," kata Direktur Utama PT DI Budi Santoso, Selasa (20/1).

Dia menyampaikannya usai melakukan rapat bersama Menristek dan Pendidikan Tinggi Mochammad Nasir, Kementerian Perekonomian, Perindustrian, Perhubungan, BAPPENAS, LAPAN dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di PT DI Bandung.

"Potensi marketnya mencapai 200-an. Kami sebenarnya hanya ingin tawarkan kalau nanti sudah jadi," terang Budi.

M Nasir mengaku akan terus menggenjot proyek pembuatan pesawat hasil karya anak bangsa ni. Dia ingin pesawat dengan kapasitas 19 orang tersebut bisa diperkenalkan pada pertengahan tahun ini. "Kita ingin mewujudkan N219 yg akan diproduksi PT DI 2015 ini roll out dan bisa terbang dan sukses," terang Nasir.

Dia menjelaskan N219 sendiri merupakan pesawat angkut ringan yang cocok lintas provinsi dengan kapasitas 19 orang. Karena ringan pesawat ini dapat lepas landas dalam jarak pendek dan mudah dioperasikan di daerah terpencil.

"Ini akan menjadi kemajuan penerbangan Indonesia. Khususnya dari kota ke kota kecil. Apakah itu di Papua atau Aceh, Yang mana perjalanan darat bisa menempuh 12 jam. Maka dengan ini hanya bisa ditempuh 45 menit," katanya.

Saat ini proyek pesawat tengah dalam riset di LAPAN. Setelah disertifikasi baru PT DI akan produksi masal. "Total Rp200 miliar utk diselesaikan risetnya. Risetnya di Lapan. Setelah disertifikasi baru bisa dialihkan untuk produksi," tambahnya.
Thailand sudah kepincut N219 buatan PT DI meski belum rampung Reviewed by ikpm cabang kairo on 22.15.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.