Isi Ramadan dengan Kursus Bahasa Arab di Markaz Nil - IKPM KAIRO

Senin, 22 Juni 2015

Isi Ramadan dengan Kursus Bahasa Arab di Markaz Nil


Di awal bulan Ramadan peserta rihlah tsaqofiyah wa tarbawiyah mengisi kegiatan mereka dengan kursus bahasa Arab di Markaz Nil yang berlokasi di Hay Sabi, Madinat Nasr. Kursus bahasa ini diagendakan selama 20 jam yang dilaksanakan antara tanggal 18-22 Juni.

Dalam kegiatan belajar mengajarnya, Markaz Nil membagi lima sesi. Sesi pertama adalah ta’aruf atau perkenalan. Dalam tahap ini peserta kursus diberi waktu untuk memperkenalkan dirinya dengan kemampuan bahasa yang dia miliki. Sesi kedua yaitu  muhadatsah (percakapan) yang dilakukan antara peserta kursus dan menjawab pertanyaan dari mentor. Kemudian, musyahadatul aflam. Dalam sesi ini peserta kursus disuguhkan kartun berbahasa Arab dan diminta untuk memahami alur cerita kartun tersebut sekaligus mencatat beberapa kalimat frase yang terdapat didalamnya.

Sesi selanjutnya yaitu qiraah (reading). Di sesi ini peserta diberi cerpen berbahasa arab, mereka diminta untuk memahami cerpen kemudian menjelaskan isi cerpen tersebut. Sesi terakhir adalah tathbiq dimana peserta kursus dibawa ke pasar untuk berinteraksi langsung dengan native speaker dengan menggunakan kemampuan bahasa yang telah mereka pelajari.

Selama mengikuti kursus di Markaz Nil peserta rihla mengapresiasi kegiatan tersebut. Hal ini diakui oleh mereka sebagaimana metode pembelajaran yang belum pernah mereka alami sehingga menarik minat untuk belajar.

Hal serupa pun diamini oleh pembimbing rihla, ustadz Heru Wahyudi yang memuji metode Markaz Nil. “Cara mengajarnya bagus, sehingga anggota jadi semangat belajar.” Ujar beliau.

       

Tidak ada komentar: