- IKPM KAIRO

Sabtu, 05 Desember 2015





www.ikpmkairo.com - IKPM Cab. Kairo kembali adakan acara kajian ilmiah "Nadwah Ilmiyah". Kegiatan ilmiaya ini merupakan kali ketiga dalam rentetan kegiatan IKPM Cab. Kairo pada termin pertama. Dan alhamdulillah acara tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat.

Dalam kesempatan kali ini, Nadwah Ilmiyah diisi oleh Ust. Muhammad Rifqi Arriza, Lc dengan judul "Pengantar studi Tafsir dan Ulumul Quran".

Di dalam kajian tersebut, Ust. Rifqi Arriza memaparkan dengan panjang lebar mengenai berbagai hal serta kiat-kiat yang dibutuhkan dalam proses belajar ilmu tafsir dan ilmu-ilmu al-Quran. Beliau pun menjelaskan bahwa ilmu tafsir merupakan ilmu ghoyah atau ilmu tujuan, sedangkan ulumul quran adalah salah satu dari ilmu mushilah atau cabang ilmu dari ilmu tafsir tersebut.

Dalam paparannya, beliau mengatakan bahwa ilmu mushilah memiliki pembahasan yang lebih luas dibandingkan dengan ilmu ghoyah-nya itu sendiri.

Demikian pernjelasan singkat dalam kajian Nadwah Ilmiyah ketiga kali ini. Semoga acara ini dapat terus berlanjut di antara padatnya kegiatan-kegiatan IKPM Kairo.

Tidak ada komentar: