Top Ad unit 728 × 90

Home

Men-Charge Semangat Spiritual Dengan Ziarah



 
Red: Anggota baru IKPM Cairo di depan Masjid Imam Laits
IKPM, Kairo – Sebagai organisasi almamater terbesar di Negeri Kinanah, Mesir. IKPM Cabang Kairo tidak ingin membiarkan anggota-anggotanya berada dalam kekosongan. Terutama anggota-anggota yang baru datang tahun ini, karena banyak dari mereka yang belum mempunyai jadwal tetap untuk mengisi kekosongan. Maka dari  itu, pengurus IKPM cabang Kairo mengadakan kegiatan ziarah ke makam para sohabah dan auliya. Guna mengisi kekosongan, juga mengambil pelajaran dari kisah-kisah mereka. 

Ziarah dilakukan pada hari Sabtu, 8 Okotber 2016. Titik awal pertemuan adalah Masjid Sayyidina Husein RA yang terletak di kawasan Darrosah. Sekitar pukul sebelas seluruh anggota telah berkumpul. Karena waktu zuhur telah dekat, mereka memutuskan untuk Sholat Dzuhur di Masjid Husein.

Selepas solat zuhur, ziarah pun dilaksanakan. Destinasi pertama tentu saja Makam Sayyidina Husein yang berada didalam masjid tersebut. Dibawah pimpinan ustadz Ziaulhaq mereka pun berdoa bersama-sama dengan khidmatnya.

Destinasi selanjutnya adalah makam imam Jalaludin as-suyuti. Karena letaknya yang cukup jauh, rombongan harus menaiki angkutan umum untuk sampai kesana. Di perjalanan, ustadz Zia sedikit memaparkan tentang Masyikhokh, Naqobatulasyrof, dan Darul Ifta'.

Perjalanan menuju makam Jalaludin as-suyuti hanya memakan waktu 10 menit. Selain berdoa, Ustadz Zia juga memaparkan sedikit dari riwayat hidup beliau. Dari Makam Imam Jalaludin As-Suyuti,  rombongan langsung menuju makam Sayyidah Aisyah RA.  Aisyah RA yang dimakamkan disini bukanlah Aisyah istri Nabi SAW, melainkan Aisyah putri Imam Ja'far Assodiq.

Red: Ustadz Zia sedang menjelaskan sirah Syeikh Zakaria Al Anshori
Rihlah ruhaniyyah  dilanjutkan menuju Makam Imam Asy-Syafi'i. Tetapi sebelumnya, rombongan IKPM terlebih dahulu berziarah ke makam salah satu guru (Muqri) imam Asy-Syafi'i yang bernama Waqi' bin Jarrah. Di dalam makam tersebut ada syair yang sering kita dengar tentang pengaduan imam syafi'i pada gurunya karena kesulitan dalam menghafal.

Di masjid imam Syafi'i bagian depan terdapat makam Syaikhu-l-Islam Iimam Zakaria al-Anshori Beliau merupakan salah satu pembesar Madzhab Asy Syafii.  Rombongan pun menyempatkan diri untuk berdoa sebelum pergi ke makam imam syafi'i. Di makam imam Syafi'i, ustadz Zia sedikit menjelaskan tentang riwayat hidup Sang Imam, perjalanan menuntut ilmunya, perannya dalam Islam, dan betapa mulianya akhlaq beliau. Setelah itu barulah berdo'a bersama-sama.

Memasuki waktu Ashar, rombongan menunaikan sholat di masjid imam Syafi'i. Seusai solat, perjalanan dilanjutkan ke makam imam Al-laits yang merupakan salah saru gurunya imam Malik. Dan dilanjutkan ke makam ibnu Hajar al-'asqolani yang seorang ahlu-l-hadits, Robi'ah al adawiyah sang sufi wanita yang luar biasa, dan terakhir Uqbah bin 'amir yang merupakan penuntun unta nabi.


Ziarah selesai beberapa menit sebelum maghrib. Rombongan langsung menaiki angkutan umum untuk kembali ke masjid Sayyidah Aisyah. Selepas solat, semuanya kembali ke kediaman masing-masing(fakhrian)
Men-Charge Semangat Spiritual Dengan Ziarah Reviewed by Albi Ramadhan on 22.18.00 Rating: 5

1 komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.