Angkat Tema Seputar Turats, Kru La Tansa Wawancarai Dr. Toha Hubaisyi Di Giza - IKPM KAIRO

Selasa, 17 Oktober 2017

Angkat Tema Seputar Turats, Kru La Tansa Wawancarai Dr. Toha Hubaisyi Di Giza



  

                www.ikpmkairo.com- Setelah adakan sidang redaksi yang kedua pada (13/10), Kru majalah La Tansa (sebanyak sembilan orang) mengunjungi kediaman Syekh Toha Hubaisyi di Daerah Bulak, Dakrur, Giza pada Senin (16/10). Kunjungan ini diadakan dalam rangka wawancara eksklusif terkait tema majalah edisi kedua yang akan diangkat, yaitu "Reaktualisasi Turats."   

                Syekh Toha al-Dasuqi Hubaisyi adalah ulama besar al-Azhar yang pakar dalam bidang akidah. Ia mengajarkan berbagai buku akidah kepada mahasiswa al-Azhar juga para dosen dan ustadz-utadz pengajar mata kuliah akidah. Selain pernah menjadi ketua Jurusan Akidah Filsafat al-Azhar, ia juga menulis diktat dan silabus (muqarrar) di Fakultas Ushuluddin Universitas al-Azhar. Saat ini karya tulisnya sudah mencapai hampir 39 buku, salah satunya adalah Al-Mursyid al-Mu’arraf yang ia buat untuk men-Syarh kitab Qawâid at-Taṣawwuf milik Imam Zarruq.

                Salam Abdurrubby, sebagai penanggung jawab dari kunjungan dengan Syekh Toha, melakukan wawancara kali ini  dengan pertanyaan-pertanyaan singkat, padat, jelas dan menyeluruh; dari definisi turats itu sendiri, hingga peran al-Azhar dalam menjaga kitab-kitab turats yang ada. “Ini semua bisa dilakukan Al-Azhar, karena ia adalah lembaga milik umat Islam di penjuru dunia. Ia tidak berpihak pada kepentingan institusi atau politik apapun itu”, tegas Syekh Toha.
   
                Selain pertanyaan seputar tema, para kru juga diperkenankan untuk bertanya dalam masalah apapun. Diakhir Syekh memberikan nasehat juga pengalaman belajarnya kala menjadi mahasiswa di al-Azhar yang ditutup dengan doa bersama. Selain mendapatkan banyak pengetahuan baru dari Syekh, para kru juga diberikan satu persatu buku-buku miliknya, yaitu; buku Sayyiduna Muhammad Saw. tiga jilid, buku al-Asmâ fi Syarh Asma’ al-Husnâ dan Siyâhah fî Sanawati Hayatî.

Rep/Red : Bana     
               


                    

Tidak ada komentar: