Top Ad unit 728 × 90

Home

Orkaba 2017, Menuju Kader Bangsa Yang Bermanhaj Wasati


Doc : Suasana Orkaba di Sekretariat IKPM

                Ikpmkairo.com- melanjutkan agenda pengenalan bagi mahasiswa baru bersama almamater, Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Kairo adakan Orientasi Kader Bangsa (ORKABA) bagi seluruh Camaba IKPM yang baru saja tiba di Mesir. Acara yang diadakan pada Jumat (6/9) ini mengangkat tema, “Satukan Langkah, Luruskan Barisan, bersama Cetak Generasi Islam Wasathi” dan berlangsung di Sekretariat IKPM, Madinat Nasr, Hay Asyir.

                Dalam penyampaian materinya, Umar Haras, mahasiswa S2 al-Azhar Fakultas Syariah wal Qonun, menjelaskan kepada camaba IKPM akan karakteristik penting dari seorang Azhari—sebagaimana yang dipaparkan oleh Dr.Ali Jum’ah ; berakidah Asyari, bermazhab fikih yang empat, dan berakhlaq tasawuf. Menurutnya, ini adalah hal penting yang harus diketahui oleh mahasiswa al-Azhar diawal-awal mereka memasuki mihrab azhar ini. “Tiga komponen diatas adalah hal yang mesti diingat oleh setiap mahasiswa al-Azhar, sebagai pemegang risalah manhaj wasati”, buka Umar

                 Alumni Gontor tahun 2010 tersebut selanjutnya menjelaskan perangkat atau alat-alat (adawât) yang harus dimiliki penuntut ilmu sebelum ia belajar. “Ada empat hal yang harus kalian punya dalam belajar. Pertama, akal yang sehat (aqlun rajjâh), kedua, Guru yang menjelaskan (syaikhun fattâh), ketiga, buku-buku yang otentik (kutubun ṣihhâh), dan yang keempat, ketekunan dan kemauan (mudâwamatun wa ilhâh). Dengan keempat ini, kalian dapat terbantu dalam belajar serta mendapatkan ilmu”, tegas Umar.   

Doc : Penyampaian Materi oleh al-Ustadz Umar Haras, Lc 

Selanjutnya, Umar mengatakan bahwa manhaj belajar yang harus ditempuh bagi para pemula atau mubtadi’ haruslah sesuai dengan kitab-kitab yang juga diletakkan untuk levelnya, agar nantinya tidak salah jalan dalam mendapatkan ilmu, sebagaimana keluhan Imam Zarnuji dalam kitab Ta’lîm al-Muta’allimnya. Ia mencontohkan seperti halnya Ajrumiyyah dalam ilmu nahwu, aqidatul awam untuk ilmu akidah, dan lain sebagainya. “Waktu di Mesir ini hanyalah empat tahun. Kalau tidak belajar dari sekarang, maka kapan lagi?”, tegas ketua IKPM tahun 2014-2015 tersebut.  

Diakhir Umar menghimbau kepada maba IKPM untuk terus dekat dengan Masyayikh al-Azhar, mengikuti manhaj Azhar, dan terus belajar dari saat-saat ini. Acara ini dilanjutkan dengan materi  ke-IKPM-an Kairo oleh Zaki, salah seorang senior IKPM alumni 2010. Usai berlangsungnya acara di Sekretariat IKPM, acara dilanjutkan dengan rihlah kebersamaan menuju ke Hadiqoh Azhar, Darrasah Kairo.

Red : Bana Fatahillah

                    
Orkaba 2017, Menuju Kader Bangsa Yang Bermanhaj Wasati Reviewed by fatahillahbn on 13.27.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.