Kunjungi IKPM, Cak Fuad : “Alumni Gontor Harus Punya Inisiatif dan Jadi Perekat Umat” - IKPM KAIRO

Selasa, 21 November 2017

Kunjungi IKPM, Cak Fuad : “Alumni Gontor Harus Punya Inisiatif dan Jadi Perekat Umat”


Prof.Dr.Ahmad Fuad Effendy dengan Ikatan Alumni Pondok Modern (IKPM) Gontor di Kairo, yang dihadiri Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr. Usman Syihab (20/11)

 IKPM, Kairo-  Pendiri Ittihadul Mudarrisin Lughah al-Arabiyah (IMLA) atau Persatuan Pengajar Bahasa Arab Prof.Dr.Ahmd Fuad Effendy atau lebih akrab dikenal Cak Fuad dan Atase Pendidikan  Dr.Usman Shihab menghadiri acara Silaturahim dengan alumni Ikatan Pondok Modern (IKPM) cabang Kairo di sektariat IKPM cabang Kairo, Senin malam (20/11).

Acara dimulai selepas shalat Isya, dan dilanjutkan dengan nasihat dari Prof.Dr.Ahmd Fuad Effendy dan  Bapak Usman Syihab sebagai Atase Pendidikan sekaligus perwakilan dari IKPM senior dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.Kesempatan yang sangat jarang sekali, khususunya bagi alumni-alumni santri Gontor begitu dimanfaatkan secara maksimal.

Dalam Nasihatnya, Cak Fuad, sebutan akrab beliau, menekankan kepada para alumni untuk jangan kehilangan inisiatif dan selalu menjadi perekat umat.

“ Dulu Pak Zar bilang ‘Jangan jadi pegawai negeri’, intisarinya jangan hanya bekerja Cuma nunggu perintah,stagnan dan tidak punya inisiatif. Yang kedua, Alim Gontor harus jadi perekat umat,itu prinsip yang saya pegang teguh ditengah masyarakat“ kata laki-laki yang pernah menjadi pimpinan majalah Lisan berbahasa Arab pada 1980.

Beliau juga memaparkan bahwa salah satu persoalan umat Islam di Indonesia adalah masalah Ukhuwah antara umat Islam. Cak Fuad berharap agar Ikatan Alumni Pondok Modern (IKPM) Gontor di Kairo selalu berpegang teguh pada prinsip itu,selalu punya inisiatif dan penjadi perekat umat kapanpun dan dimanapun.

 “Dalam masyarakat pasti akan terjadi gesekan,lah saya aja di Muhammadiyah dibilang mataharinya kurang terang, karena kadang saya mengkritik kebijakan mereka. Kalau di NU dibilangnya talinya kurang sungset, karena ada kegiatan yang memang ga cocok”  ujar Cak Fuad.

Acara ditutup dengan perfotoan beliau dengan para warga IKPM cabang Kairo yang hadir dalam acara itu dan dilanjutkan makan malam dan ramah tamah di sektariat IKPM Kairo.

Prof.Dr.Ahmad Fuad Effendy akan meninggalkan Kairo pada Selasa (21/11) dan melanjutkan kunjungannya selanjutnya ke provinsi lain di Mesir, setelah sebelumnya menghadiri sidang ke-23 Majelis Umana dari Markaz Malik Abdullah.

Rep : Fakhri
Red : Bana






Tidak ada komentar: