Top Ad unit 728 × 90

Home

Majalah La Tansa Edisi II, Rabiul Awal 1439 : Reaktualisasi Turats


Doc : Pamplet Majalah Edisi II

                La Tansa edisi 2 tampil berbeda. Tema yang tajam, “Reaktualisasi Turats” menggiring pembaca pada kecerdasaan analisis dan responsif. Turats bukanlah hal tabu. Ia adalah pusaka yang kehadirannya menemani semangat keilmuan dan membangkitkan gairah ideologi. Pembahasannya  tidak ada habisnya, namun harus dikemas seelok mungkin agar menghasilkan substansi pemahaman yang baik. Maka La Tansa hadir guna mengikis keapatisan dan menumbuhkan semangat untuk menghidupkan turats.

                Berbicara soal turats berarti berbicara mengenai lautan. Lautan manuskrip, yang di dalamnya tercetus buah pemikiran ulama Islam terdahulu dan lautan tinta yang darinya tertoreh haluan para penulisnya.  Menurut Syekh Ali Jum’ah, turats adalah hasil produksi umat manusia yang tertuang dalam bentuk lisan dan tulisan untuk umat Islam sebelum seratus tahun dari dari suatu zaman. Turats adalah buah peradaban Islam yang amat ditakuti oleh barat. Dari nilai-nilai yang terkandung di dalamnya umat Islam memiliki potensial untuk maju dan berjaya.

                Tak cukup jika hanya memahami pembahasan mengenai esensi turats, sebagai generasi cendekiawan kita juga harus menelaah tata cara dan seni untuk menyelami turats. Bagaimana kita akan menyelami lautan jika kita tidak tahu cara berenang?  Rubrik opini (halaman 49) yang membahas seni membaca turats bagi para penuntut ilmu dan rubrik resensi (halaman 41) yang mengulas buku “How To Read A Book” dapat dijadikan sebagai  referensi menarik.

                Pada rubrik fikrah dengan judul “Dialektika Turats”, pembaca akan berekreasi menuju kolaborasi antara futurustik, mantik dan dialektis. Hingga akhirnya sampai pada kesimpulan apakah kata ‘reaktualisasi’ dalam turats layak diaplikasikan atau tidak. Ada juga rubrik mengenai peran ulama hadits dalam menjaga turats, proyek digitalisasi turats, ragam penulisannya hingga wawancara ekslusif dengan Syekh Thaha Al-Dasuqi Hubaisy.

Pembahasan La Tansa tidak habis pada ihwal turats. Dalam majalah setebal 60 halaman ini, terdapat kolaborasi unik komposisinya. Hadirnya rubrik dengan skala Internasional seperti dunia kampus, rubrik kancah nasional serta rubrik sastra memperkaya karya seduhan Mahasiswa Indonesia di Mesir khususnya IKPM cabang Kairo. Semoga La Tansa dengan segala hasil olah pikir dan kerja keras para kru nya, mampu mewarnai dinamika keilmuawan dunia. Segera dapatkan majalah berkualitas dengan harga pas, hubungi +201004632628 atau +201012147959


Rep/Red : Fia/Bana 
Majalah La Tansa Edisi II, Rabiul Awal 1439 : Reaktualisasi Turats Reviewed by fatahillahbn on 09.37.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.