Top Ad unit 728 × 90

Home

IKPM Hadirkan Syekh Saad Jawish Dalam Majlis Shalawat dan Ijazahan Hadis





                Melanjutkan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. yang sebelumnya dilaksanakan di Masjid Assalam, IKPM cabang Kairo adakan acara Majlis Hadist bersama Dr. Saad Jawish, ulama besar di bidang hadist Universitas Al-Azhar, pada Kamis (7/12). agenda ini diprakarsai oleh angkatan Zeemaro, rekan-rekan mahasiwa baru IKPM kedatangan 2017 dengan memilih aula Pasanggrahan Keluarga Paguyuban Masyarakat Jawa Barat (KPMJB), Bawwabat, Hay Asyir, sebagai tempat pelaksanaan acara. Acara dimulai setelah melaksanakan solat Isya' bersama.

                Syaikh Dr. Saad Jawish mengawali pembicaraan tentang keutamaan menuntut ilmu. Menurutnya, kita semua sedang  menyiapkan untuk menerima warisan para Nabi, karena Nabi tidak mewariskan harta melainkan ilmu yang berguna. Lalu beliau menjelaskan arti pentingnya bershalawat.

Salah satu bukti kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad adalah dengan bershalawat kepadanya. Bahkan Rasulullah mengabarkan bahwa yang paling dekat dengan dirinya pada hari kiamat adalah siapa yang banyak bershalawat,” ujarnya.

            Acara berlanjut dengan bersama melantunkan kitab Al-Burdah dan Al-Barzanji. Sebagaimana yang kita ketahui, kitab Burdah merupakan kitab qasidah yang berisi syair tentang pujian/sholawat kepada Nabi Muhammad saw. yang dibuat oleh Imam Al-Bushiri (makamnya terletak di Alexandria, Mesir). Sedangkan kandungan kitab Barzanji Secara umum terbagi menjadi tiga; cerita tentang perjalanan hidup Nabi saw. dengan satra bahasa tinggi, syair-syair pujian dan sanjungan kepada Nabi saw. dengan bahasa yang sangat indah, dan juga shalawat kepada Nabi Saw. Kitab Barzanji ditulis oleh Ja’far al-Barjanzi al-Madani, seorang khatib di Masjidil Haram dan mufti dari kalangan mazhab syafi’i.

                "Barakallah kepada Zeemaro, karena Fadhilatu Syaikh Saad Saad Jawiz sangat senang dengan acara tadi. Beliau mengatakan, tadi adalah acara pertama kalinya bersama Ahbab Indonesia selain acara besar di Solah Kamil. Perlu diketahui bahwa Fadhilatu Syaikh Saad Saad Jawiz terkenal dan diakui oleh para ulama al-Azhar akan kesolehannya. Beliau memegang sanad yang dekat menuju Rasulullah Saw. Dan salah satu murid beliau adalah Fadhilatu Syaikh Jamal Faruq," jelas Fathan Fadlurrahman, selaku ketua IKPM cabang Kairo tahun ini.

                Acara ditutup dengan makan malam dan doa bersama untuk kakak-kakak tingkat yang akan menghadapi ujian termin Universitas Al-Azhar. Seluruh peserta akan mendapat ijazah hadis musalsal, ijazah kitab barzanji, dan ijazah kitab burdah.

Rep/Red : Farah/Bana 

Doc : Perfotoan Banin Zeemaro bersama Syekh Saad Jawish 

Doc : Perfotoan Banat Zeemaro bersama Syekh Saad Jawish



IKPM Hadirkan Syekh Saad Jawish Dalam Majlis Shalawat dan Ijazahan Hadis Reviewed by fatahillahbn on 15.50.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.