Top Ad unit 728 × 90

Home

Menganalisa Kitab Qiraat Milik Ulama Indonesia, Muhammad Agus Salim Raih Cum Laude dalam Sidang Tesisnya

Doc : Perfotoan bersama warga IKPM Cab.Kairo usai sidang Tesis 


Ikpmkairo.com – Tampak wajah berbingar penuh syukur dari salah satu mahasiswa Fakultas Bahasa Arab Universitas Al-Azhar Kairo, Muhammad Agus Salim. Pasalnya ia berhasil menyelesaikan sidang tesis yang diajukan pada universitas Islam tertua di dunia ini pada Ahad (28/1). Kelulusan ini kian istimewa dengan mendapatkan predikat Cum Laude.

Murid dekat syekh Yusri Rusdi Jabr ini berhasil mempertahankan tesisnya dengan judul “Kajian bahasa dan Tahkik dalam Kitab Faidhul Barakāt fī Sab’il Qirāat karya KH. Muhammad Arwani Amin Said.” Setelah proses sidang yang berjalan selama dua jam, Agus Salim resmi mendapatkan predikat Magister di Auditorium Syekh Ibrahim Hamrusy, al-Azhar, Kairo.

Sidang kali ini terlihat istimewa dengan turut hadirnya Syekh Yusri Rusdi Jabr al-Hasani beserta istri dan duktur Fakultas Bahasa Arab Syekh Fathi Abdurrahman Hijazi serta tamu-tamu undangan dan kerabat dekat.

Sidang tesis ini langsung dipimpin oleh pembimbing utama Prof. DR. Abdul Hamid Muhammad Abu Sikkin dan Prof. Dr. Ahmad Thaha Hasanin Sulthan. Proses persidangan sendiri berjalan lancar dan khidmat. Agus Salim berhasil menjawab pertanyaan rumit yang diajukan oleh penguji dengan cukup baik.

Tesisnya yang berjudul asli “Faidhul Barakāt fī Sab’i al-Qira’at li asy-Syaikh Muhammad Arwani Amin Said al-Indunisy min Bidāyati al-Kitāb ilā Nihāyati sūrati al-An’ām Dirāsatan wa Tahqīqan” ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari kedua penguji Prof. Dr. Usamah Muhyiddin Muhammad Abduh dan Prof. Dr. Abdul Fattah Abul Futuh Ibrahim.

Pembimbing utama juga menekankan bahwasannya bahasa arab itu adalah lisan bukan orang. Seperti halnya Syekh Arwani yang mengarang buku Faidhul Barakat sedangkan beliau bukan berasal dari bangsa Arab, namun beliau juga disebut orang arab karena mengarang buku bahasa arab dan juga bisa melisankan arab. “Karena bahasa arab itu bukan orang tetapi terletak pada lisan,” tegas beliau.
Prestasi yang membanggakan ini diraihnya setelah melewati perjalanan yang panjang setelah mengkaji dan menelaah kitab yang ditahkiknya.

Gemuruh tepuk tangan pun terdengar membahana setelah majelis sidang mengumumkan hasil Cum Laude atas sidang tesis yang telah berjalan.

Acara diakhiri dengan foto bersama keluarga, murid-murid, dan kerabat dekat serta tak lupa ucapan selamat terlontar dari kerabat dan para hadirin.


Selamat untuk Muhammad Agus Salim, M.A yang telah mendapatkan hasil Cum Laude, semoga ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua dan tercatat di mizani al-Khairat.  

Rep/Red : Nurman/Bana
Menganalisa Kitab Qiraat Milik Ulama Indonesia, Muhammad Agus Salim Raih Cum Laude dalam Sidang Tesisnya Reviewed by fatahillahbn on 11.48.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.