Top Ad unit 728 × 90

Home

ASC, Laga Intelektual Masisir Antar Almamater



Kairo—Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM)   selenggarakan Almamater Scient Challenges (ASC) antara almamater. Tujuan lomba ini untuk meningkatkan dan mengasah kualitas keilmuan mahasiswa.

Tema yang diangkat dalam acara ini adalah "Exploring science capabity in a circle of unity." Kompetisi diadakan dalam berbagai bidang,  yakni pidato bahasa arab, khot (kaligrafi), firqotu al- Mujtahid, dan debat bahasa indonesia.

Pembukaan berlangsung di Aula Daha KMJ (Kekeluargaan Mahasiswa Jambi) pada Kamis (15/3). Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Mukhlason Jalaluddin Lc. MM. selaku bagian politik di staf KBRI dan saudara Fathan selaku ketua IKPM cabang Kairo.

Selanjutnya agenda dilanjutkan dengan lomba pidato bahasa arab, debat bahasa indonesia, khot, dan firqotu al-Mujtahidin. Berikutnya,  pada Jum’at (16/3) lomba final debat dan firqotu al-Mujtahidin. Perlombaan ini diikuti oleh 21 almamater dan setiapnya mengutus 8 orang serta 2 orang pembimbing.

Kriteria masing-masing perlombaan mempunyai perbedaan sendiri, karena setiap kompetisi sudah ditentukan oleh panitia dan juri. Fakhri selaku ketua menambahkan, acara tahun lalu hanya mempunyai 2 lomba dan tahun ini menjadi 4 lomba.

“Kendala utama dalam masalah ini yakni anggaran serta koordinasi antara panitia, menyelenggarakan di tempat yang berbeda, tidak ada dokumentasi tahun lalu, dan adanya seminar di hari penutup acara.” Ujar saudara Fakhri selaku ketua ASC 2017.

Biaya pendaftaran masing-masing lomba berbeda. Adapun kompetisi debat 35 le, firqotu al-Mujtahid 30 le, pidato 15 le, dan khot 15 le. Fakhri menambahkan, anggaran untuk pendaftaran saja tidak cukup, sehingga acara ini telah memakan biaya 10 ribu le.

Selain itu acara terakhir akan ditutup pada Sabtu (17/3) yang diisi oleh wokrshop dan pameran di Aula Masjid as-Salam. Acara workshop kali ini bertajuk kesehatan dan cakrawala dunia sekaligus pembacaan pemenang lomba-lomba antara almamater. Dalam acara tersebut mengundang Syekh Dr. Yusri Gabbir. Selain itu dimeriahkan dari panitia yaitu pameran yang menyediakan hasil kaligrafi dari setiap lomba kaligrafi, karya tulis masisir berupa buku dan majalah.

Rep: Akmal
Red: Bana
ASC, Laga Intelektual Masisir Antar Almamater Reviewed by fatahillahbn on 09.01.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.