Top Ad unit 728 × 90

Home

Dekati Tahun Ajaran Baru, IKPM Kairo adakan Seminar Fakultas


Seminar Fakultas Bahasa Arab dan Syariah Islamiyah (10/9)


Melihat masuknya perkuliahan bisa tinggal hitungan jari, maka IKPM Kairo adakan seminar fakultas dengan tema Mengenal Lebih Jauh Tentang Perkuliahan yang diadakan dua hari, Senin dan Selasa (10-11/09) di Sekretariat IKPM cab Kairo, Hay Asyir. Selain tentang fakultas, pemateri juga menjelaskan proses ijroat, muqorror dan kitab-kitab yang direkomendasikan, maktabah fakultas, masyayikh dan duktur perkuliahan, serta beberapa nasehat dari para senior.

Zaini Nadzif, Lc sebagai pemateri Fakultas Bahasa Arab memaparkan tentang mata pelajaran dalam Fakultas Bahasa Arab diantaranya lughawiyat, ushulullughoh, ilmu ashwat, ilmu ma’ajim, lahjah wal qiraat, ilmu dalalah, adab, nushus mukhtaroh, balaghoh, dsb. “Saya berharap adik-adik IKPM cab Kairo banyak yang ingin masuk Fakultas Bahasa Arab untuk melanjutkan para senior yang telah menapaki jejak ini. Alumni FBA biasanya menjadi diplomat, penerjemah, atau dosen. Tetapi tidak memungkiri juga untuk menjadi ulama. Jika ingin mendalami ilmu-ilmu agama seperti tafsir, hadist, fiqh dsb maka hadir dalam talaqi. Dengan penguasaan ilmu alat yang telah mumpuni, maka pemahaman ilmu-ilmu yang lain akan terasa mudah. Karena selain kuliah, talaqi juga penting karena dalam perkuliahan muqorror tidak habis dan dalam talaqi pasti habis karena dibacakan satu kitab penuh, “ tutur mantan ketua senat FBA ini.

“Jika kita ingin mendalami bahasa tanpa masuk Fakultas Bahasa Arab, maka harus mendalaminya dengan talaqi. Langkah pertama dengan mengecek talaqi yang menjelaskan tentang bahasa. Adapun masyayikh Bahasa Arab diantaranya Syekh Fathi Hijazi, Syekh Nasih Musthafa, Syekh Fauzi Konate juga Syekh Usam pemilik Dar Imam Ghazali. Mengikuti pelajaran syekh dari level mubtadi’ lalu mulazamah. Selain mengikuti pengajian para masyayikh, mungkin kita bisa melihat youtube masyayikh yang menerangkan. Jika ingin mendalami turats, maka belajarlah mantiq terlebih dahulu,” nasehat Zaini Nadzif, Lc diakhir seminar.

Pemateri selanjutnya adalah Hafidz Hazmi sebagai pemateri Syariah Islamiyah memaparkan tentang sejarah berdirinya Fakultas Syariah Islamiyah, muqorror, serta menjelaskan tentang proses ijroat. Syekh Ali Jum’ah, Syekh Thoha Royyan, Syekh Yusuf Qardhawi merupakan masyayikh dalam bidang Syariah Islamiyah. Al-Azhar memakai 9 madzhab diantaranya Hanafi, Syafii, Maliki, Hanbali, I’badiah, Zahiriyah, Syiah, Zaidiah, Ja’fariyah. Adapun bimbel diadakan oleh senat, lembaga Darul Fachri, serta lembaga Darul Wasela. Pelajaran Syariah Islamiyah yang diperdalam dalam talaqi diantaranya Nihayatu Sul, Minhaju Thalibin, Matan Abi Syuja’ dan lain sebagainya.

Dalam Fakultas Dirasat Islamiyah, Irsyadul Ibad sebagai pemateri kali ini yang juga merupakan senior IKPM memaparkan tentang muqorror dan beberapa materi yang dibahas dalam Fakultas Dirasat Islamiyah. “Dalam Fakultas Dirasat Islamiyah kita mempelajari fiqh, hadist, tafsir, lughoh, dsb secara umum. Maka jika ingin mendalaminya maka harus mengikuti talaqi dengan melihat kecenderungan kita dalam takhasus itu. Disamping itu kita juga harus istiqomah, lianna istiqomah kahirun min alfi karomah. Sebagaimana kita sebagai azhary harus bisa memadukan antara jami’ wa jami’ah serta memetakan ilmu. Kuliah itu penting, karena semakin kita datang ke kuliah, semakin paham. Juga harus mencari teman Mesir yang baik untuk meminta talkhis dan kisi-kisi.”

“Penuntut ilmu harus punya amalan rahasia, yang mengetahui hanya kita dengan Allah. Orang hebat yang lahir dari rahim universitas Makkah maupun Madinah sudah biasa, karena pembelajaran yang telah kondusif. Tetapi orang yang bisa mengkondisikan diri dalam kondisi yang kurang produktif dan kondusif maka itu lebih baik. Dalam menuntut ilmu harus mempunyai media berupa tulis-menulis, kajian dsb agar ilmu yang didapat bisa berkembang,” nasehat DPO Gamajatim periode saat ini.

Pemateri terakhir adalah Abdul Kholiq Muhsin, Lc.Dipl. dalam Fakultas Ushulludin. “Fakultas Ushulludin merupakan fakultas tertua. Didirikan tahun 1931. Di Indonesia banyak yang menganggap bahwa Fakultas Ushulludin adalah fakultas perdukunan, sudah melenceng, karena diktat yang mereka pakai adalah dari Barat. Sedangkan diktat yang dipakai di Al-Azhar ditulis oleh ulama-ulama. Menggunakan maroji’ dari ulama Islam terdahulu. Kita sebagai mahasiswa jangan berkutat pada diktat kuliah, tetapi cari referensi lain. Kuasai bahasa arab, lianna lughoh wi’a ul ulum. Cara membaca buku yang baik akan membantu memahami isi seluruh buku. Sering-sering ke maktabah untuk melihat maraji’. Kita harus mempunyai lingkungan belajar sendiri. Manfaatkan waktu, manajemen diri. Dalam kuliah kita mendapatkan ilmu baru, point-point yang ditekankan duktur yang akan dikeluarkan waktu ujian dan cara menjawab soal. Juga kita mengetahui ciri khas duktur. Kuliah penting, tapi jangan jadikan patokan.”

“Tanamkan niat dalam menuntut ilmu, untuk mencari Ridha Allah, menghilangkan kebodohan, perbaikan akhlaq dan menegakkan agama Allah,” nasehat magister jurusan Hadist Universitas Al-Azhar ini.

Dekati Tahun Ajaran Baru, IKPM Kairo adakan Seminar Fakultas Reviewed by Fakhri Abdul on 14.43.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by IKPM KAIRO © 2014 - 2015
Designed by Themes24x7

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.