Muhammad Kamil Abdullah, warga IKPM Cabang Kairo; Peserta Pameran Kaligrafi Mesir ‘Allama Bi al-Qolam’ - IKPM KAIRO

Minggu, 23 Desember 2018

Muhammad Kamil Abdullah, warga IKPM Cabang Kairo; Peserta Pameran Kaligrafi Mesir ‘Allama Bi al-Qolam’



Bayt al-Sinnari Kairo-  ‘Allama bi al-Qolam’, tajuk yang diangkat dalam Pameran Kaligrafi  yang diadakan di Bayt al-Sinnari. Pameran kaligrafi tersebut diadakan atas kerja sama antara Bayt al-Sinarri (Rumah Arkeologi Senari) dengan Sindikat Umum Kaligrafer serta Asosiasi Umum Mesir untuk Kaaligrafi pada Kamis (20/12).

Pembukaan Pameran Kaligrafi tersebut dimulai pada pukul 06.00 Clt dan dihadiri oleh kaligrafer-kaligrafer dari berbagai negara yang berdomisili di Mesir saat ini. seperti dari Malaysia, Thailand, Irak, Suriah, Yaman, dan lain-lain. Tak ketinggalan pula, beberapa peserta berasal dari  tuan rumah, Mesir dan tanah air tercinta kita, Indonesia. Yaitu Al-Ustadzah Nur Hamidiyah, Al-Ustadz Jalaluddin Saputra, dan Al-Ustadz Muhammad Kamil Abdullah.

Acara tersebut diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan pembagian sertifikat kepada para peserta oleh Dr. Khoder al-Borsaedy. Pemberian sertifikat tersebut diadakan di lantai 2 Bayt al-Sinnari. Masing-masing peserta berfoto sembari menerima sertifikat dalam acara tersebut.

Kaligrafi-kaligrafi indah dengan berbagai modelnya terpajang rapi di Bayt al-Sinnari. Puluhan pasang mata mengamati tiap-tiap karya bersamaan dengan lensa kamera yang selalu tertuju padanya. Selain pameran karya berupa kaligrafi, terdapat pula stand bazar alat-alat kaligrafi yang banyak pula diminati oleh para pengunjung.


Salah satu peserta Pameran kaligrafi dari Indonesia adalah Muhammad Kamil Abdullah, warga IKPM Cabang Kairo. Kamil yang merupakan anggota AFANIN (Asosiasi Kaligrafer Arab Murni Indonesia) di Mesir menjadikan kaligrafi salah satu medianya dalam mentrasferkan ilmu dengan mengajar sekaligus menjadi murid di AFANIN. Latar belakangnya dalam belajar khaligrafi dimulai sejak ia berada di Pondok Modern Darussalam Gontor, dengan Al-Ustadz Abdullah Mukhtar Syafi’i murid dari Al-Ustadz Muhammad Nur, Lc. yang bersanad dari Syekh Belaid Hamidi.

“Alhamdulillah ini adalah pameran pertama yang saya ikuti di Mesir. Saya pribadi sangat berterim kasih kepada guru-guru yang telah mengajarkan seni warisan Islam yang mulia ini. Kalaulah bukan karena arahan serta bimbingan dari para guru maka tulisan saya tidak akan bisa diterima di pameran ini. Untuk teman-teman masisir umumnya dan AFANIN khususnya agar lebih semangat lagi dan ditunggu di pameran-pameran berikutnya,” ucap Kamil mengenai pameran kaligrafi yang pertama ia ikuti.

Berawal dari suatu keistiqomahan dan ketekunan dalam belajar bersama guru, berbagai prestasi dan harapan akan terwujud satu persatu. Tidak hanya dalam bidang kaligrafi seperti saudara kita satu ini, namun termasuk bidang-bidang yang selama ini kita tekuni.

Rep: Ummu
Red: Nurman

Tidak ada komentar: