Ikhwan Hakim, Lc (Alumni PMDG): Nahkodai Visi Prime Foundation 2035 - IKPM KAIRO

Kamis, 13 Desember 2018

Ikhwan Hakim, Lc (Alumni PMDG): Nahkodai Visi Prime Foundation 2035


IKPM Cabang Cairo - Nilai-nilai dari suatu pergerakan akan terserap secara tidak disadari dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya jiwa kepemimpinan. Pondok Modern Darussalam Gontor  berperan dalam pembentukan mental karakter, salah satunya dalam membentuk mental pemimpin para peserta didiknya.  Berbagai kegiatan berjalan selama 24 jam dalam lingkup pesantren, kyai sebagai sentral figur dan masjid menjadi titik pusat yang menjiwainya.

Setelah pendidikan yang ditempa selama belajar di Pondok Modern Darussalam Gontor, para santri dihadapkan dengan sebuah kondisi sosial masyarakat yang sebenarnya setelah merasakan miniatur masyarakat dalam lingkup pondok. Gerakan dan kegiatan sosial kemasyarakatan sudah mulai terlihat dari individu itu sendiri atau suatu komunitas tertentu. Salah satunya adalah Prime Foundation. “Gambaran umum Prime Foundation merupakan suatu organisasi sosial non provit yang bersifat terbuka atau biasa dikenal dengan istilan NPO, Non Provit Organization. Organisasi ini adalah organisasi independen dan terbuka. Dalam artian siap untuk bekerja sama dengan pihak manapun selama hal itu positif, konstruktif, dan akan memberikan manfaat untuk umat dan masyarakat secara umumnya, "begitulah tutur Al-Ustadz Ikhwan Hakim, Lc. yang merupakan lulusan Universitas Al-Azhar Kairo yang saat ini menjadi ketua Prime Foundation tahun 2018-2022.

Organisasi sosial yang digagas oleh alumni Pondok Modern Darussalam Gontor tahun 2010 ini telah bekiprah dalam sosial masyarakat sebagai perwujudan dari perjuangan dan mundzirul qoum setelah menamatkan pendidikan di PMDG. Salah satu bentuk implementasi dari nilai-nilai perjuangan Gontor ini tersirat dalam visi Prime Foundation 2035.


  Adapun visi Prime Foundation tahun 2035 dilahirkan dalam Musyawarah Nasional (Munas) yang pertama pada Senin (19/11/2018) di Aula La Ghofla, Puncak, Bogor. Visi tersebut dipaparkan secara singkat oleh Al-Ustadz Ikhwan Hakim, Lc., “Alhamdulillah hasil musyawarah kita yang pertama melahirkan satu visi jangka panjang, yaitu visi Prime Foundation 2035, atau bisa dikatakan menuju Prime Foundation 2035. Visi kami adalah pada tahun 2035 Prime Foundation mampu mengintegrasikan intelektual dan keluhuran budi untuk pemberdayaan masyarakat. Pada dasarnya sejalan dengan 3 pilar Prime Foundation yang menjadi acuan bagi pergerakan Prime Foundation itu sendiri. 3 pilar itu adalah sosial, pendidikan dan dakwah, serta kewirausahaan. 3 pilar ini terangkum dalam satu visi besar pada tahun 2035.  Ini menyangkut sumber daya manusia yang berkualitas dan kemandirian. Sehingga kita benar-benar bisa mengintegrasikan intelektualitas dan keluhuran budi agar bisa memberikan manfaat dengan cara memberdayakan masyarakat Indonesia secara umum.”

Dalam mewujudkan visi tersebut, dimulai dari pembentukan tim-tim yang kompeten dan mumpuni  dalam bidangnya, sehingga bisa menjalankan visi tersebut tahap demi tahap dan berproses. Dan semua itu membutuhkan dukungan bukan hanya dari warga IKPM Saja, namun mencakup seluruh masyarakat secara umumnya yang mempunyai satu visi yang sama. “InsyaAllah kami akan membentuk tim yang incredible, bergerak di bidang sosial, pendidikan dan dakwah serta kewirusahaan. 3 tim yang tergabung dalam 3 divisi tersebut InsyAllah secara kongkrit menjalankan visi tersebut sesuai dengan tahapan masing-masing," tambah beliau mengenai Visi Prime Foundation 2035 tersebut.

Berkaitan dengan Visi 2035, beliau berpesan kepada pemuda Indonesia secara umumnya untuk bersama-sama berpartisipasi dalam membangun bangsa kita, baik secara langsung atau tidak langsung sesuai dengan bidang dan kapasitas masing-masing. Tidak lupa pula dukungan dan doa restu agar harapan tersebut dapat terwujud.

Melalui visi 2035, perhatian terhadap kesinambungan antara intelektual dan budi menjadi titik focus dalam membentuk pribadi yang merupakan sel dari suatu generasi. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan manfaat bagi kejayaan umat Islam khususnya dan bangsa Indonesia secara umum. Visi Prime Foundation 2035 ini berperan sebagai pengawal dalam menjaga dan menyebarkan nilai-nilai Gontor para alumninya khususnya dan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Salah satunya adalah pengintegrasian motto Pondok Modern Darussalam Gontor, berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berpikiran bebas.

Rep: Ummu
Red: Nurman

Tidak ada komentar: