Termin 1; Penutupan Termin dan Majelis Sholawat - IKPM KAIRO

Minggu, 16 Desember 2018

Termin 1; Penutupan Termin dan Majelis Sholawat


IKPM Kairo- Rentetan kegiatan terus berjalan secara dinamis dalam agenda IKPM Cabang Kairo. Berpacu pada syiar Taharrak, fainna fi-al-harakah barakah”. Bergeraklah karena dalam pergerakan itu  terdapat barakah. Setelah melalui satu termin atau kurang lebih dalam jangka waktu 6 bulan, IKPM Cabang Kairo telah melangsungkan berbagai agenda yang mencakup kegiatan warga IKPM khususnya dan masisir umumnya.

Meninjau ujian termin 1 yang akan berlangsung kurang lebih satu bulan lagi, maka IKPM Kairo menutup rentetan acaranya. Rentetan acara yang ditutup tersebut bukan berarti berhentinya pergerakan warga IKPM, namun pergantian kegiatan guna menfokuskan  para anggota yang merupakan mahasiwa dan mahasiswi Universitas di Mesir untuk belajar. Ar-Roohatu fii tabaaduli-al-amal. Istirahat terdapat pada pergantian kegiatan, begitulah salah satu nilai yang ditanamkan pendiri PMDG.


Acara penutupan agenda IKPM Cabang Kairo yang disertai peringatan maulid nabi diselenggarakan tepat pada hari Ahad, (9/12/2018) di Masjid as-Salam, Hay Asyir. Acara yang dimulai pukul 19.30 clt tersebut, diawali dengan pembacaan sholawat dilanjutkan tausiyah dan maulid nabi bersama Syekh Yusri Rusydi Sayyid Jabr Al-Hasani dan diakhiri dengan doa bersama menjelang ujian termin 1. Setelah itu disusul dengan pembacaan surat keputusan penutupan kegiatan termin 1 oleh Sekretaris IKPM Cabang Kairo, Fathullah Zuhdi.

Pemaparan yang beliau sampaikan dalam acara ini membuat tiap bibir mengucap shalawat, sebagai tanda rindu dan cinta pada Nabi Agung Muhammad Saw. Pemaparan yang komprehensif dan integral tersebut disampaikan dalam waktu kurang lebih satu jam mengenai Nabi Muhammad Saw.

Beberapa diantara mutiara nasehat beliau yaitu, bahwa Nabi Muhammad ialah Nabi akhir zaman, penutup risalah para nabi, serta pemimpin bagi seluruh umat muslim. Ialah sebaik-baik makhluk yang diciptakan Allah, Habibullah Muhammad Saw. Ketaatan kepada Rasulullah ialah salah satu bukti ketaatan pada Allah dan Agama Islam. Ibarat Nabi Muhammad adalah agama, Barang siapa yang berkata sesungguhnya nabi telah tiada (meninggal), maka agama ini sudah tak berarti apapun (meninggal pula), seakan-akan orang tersebut hidup tanpa ruh serta petunjuk dan cahaya Islam. Namun sebaliknya barang siapa yang percaya bahwa Rasulullah masih hidup, maka ia akan hidup penuh rahmat dan hidayah dari Allah Swt.


Selanjutnya mengenai kemuliaan Rasulullah yang selama ini disebutkan oleh para Ulama dan pada kitab-kitab siroh itu hanyalah 1 dari 100% yang diketahui (Dhohiriyah), masih ada 99% dari kemuliaannya yang tak kita ketahui (bathiniyyah), dan hanya Allahlah yang tahu.

Beliau juga memaparkan bagaimana seorang hamba untuk lebih mengenal dan mencintai Rasulullah Saw. Diantaranya dengan membaca kitab siroh yang begitu banyak tercetak dari zaman dulu hingga saat ini, bersholawat kepada nabi serta hadir dalam majelis yang membahas tentang nabi. Adapun Sholawat kepada nabi ialah bekal syafaat, petunjuk, pedoman, rahmat, serta inayah dari Allah Swt melalui Nabi Muhammad Saw. Dengan sholawat inilah, perantara bagi umat untuk lebih dekat kepada Allah Swt.

Begitupula pada detik-detik menjelang ujian termin 1 ini, usaha maksimal dari seorang tholibul ilmi masih dinilai kurang jika belum diiringi dengan doa. Karena usaha tanpa doa adalah sombong dan doa tanpa usaha adalah bohong. Doa tersebut patutlah kita iringi dengan bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw. Semoga kita di mudahkan dalam ujian termiin 1  ini dan diberikan barakah dari ilmu yang telah kita pelajari di sini, Aamiin. Allahumma shalli wa sallim wa baarik  alaih.

Rep: Rima dan Zulina
Red: Ummu

Tidak ada komentar:

@way2themes