Komunitas Literasi IKPM Mulai Bergerak - IKPM KAIRO

Minggu, 17 Maret 2019

Komunitas Literasi IKPM Mulai Bergerak


Doc: Penyerahan Sertifikat Penghargaan kepada Pemateri

IKPM Kairo- Asosiasi Literasi Muda Berkarya (A’LAMA), telah mengadakan seleksi anggota, Jum'at (15/03). Pasca diresmikan beberapa waktu lalu, komunitas yang dinaungi oleh Ikatan Pelajar Pondok Modern (IKPM) ini mengadakan pelatihan kepenulisan hard news dan feature sebagai seleksi tahap lanjutan. Pelatihan yang bertempat di kantor sekretariat IKPM, Gami', Hay Asyir ini diisi oleh Bana Fatahillah yang  merupakan founder website bacalatansa.com. Adapun tujuan diselenggarakan pelatihan ini guna mempersiapkan kader-kader  kepenulisan di laman web IKPM Kairo.

Acara yang dimulai pukul 14.00 CLT ini dihadiri oleh ketua IKPM Cabang Kairo, Nurman Haris, 30 calon anggota dan beberapa pengurus komunitas A'lama. Kali ini Bana yang merupakan Alumni Gontor 2014 memaparkan bahwa dalam kepenulisan hard news dan feature terdapat perbedaan yang mendasar. Seperti dalam hard news tidak ada unsur sastra maupun subjektifitas dalam konten tulisan. Berbanding terbalik dengan feature yang sarat akan sentuhan sastra. Demikian pula hard news sangat cepat kadaluarsa dibanding feature yang tahan lama. Disinilah pola berfikir dan kepenulisan jurnalis dituntun.


“Cara berfikir perlu dituntun sedangkan teknis bisa belajar sendiri," ujar pemateri yang sempat menjadi pimpinan redaksi majalah Latansa tersebut. Ia juga berpesan agar semua kru A’lama dapat berkontribusi dalam laman IKPM dengan berita-berita yang berbobot.

Selain mendapat materi, peserta juga melakukan praktek menulis berita kemudian dibedah langsung oleh pemateri. Dipenghujung acara, Nurman Haris selaku ketua IKPM Cabang Kairo memaparkan, “menulis itu tidak bisa dipisahkan oleh membaca, jika hari ini kamu tidak bisa membaca bacaan apapun, kamu masih bisa membaca dari alam sekitar.”

Rep: Rahmadi P
Red: Naili

Tidak ada komentar: