Reuni Lintas Angkatan Tutup Rentetan Acara Peringatan Sewindu Cakrawala - IKPM KAIRO

Minggu, 31 Maret 2019

Reuni Lintas Angkatan Tutup Rentetan Acara Peringatan Sewindu Cakrawala


Doc: Foto Pengurus Cakrawala Lintas Angkatan

IKPM Kairo - Agenda “Sewindu Berkarya, Cakrawala Bersua” tutup rentetan acara peringatan sewindu Cakrawala. Agenda ini merupakan konsolidasi pengurus Cakrawala lintas angkatan juga sebagai wadah untuk mengumpulkan ide, gagasan dan cita-cita dari tiap individu pengurus, guna kemajuan dunia tulis-menulis khususnya Masisir kedepannya. Acara yang diadakan pada hari Sabtu (30/3) di aula Kekeluargaan Mahasiswa  Nusa Tenggara dan Bali (KM-NTB) ini berlangsung asyik dan hangat.

Acara ini dibuka dengan pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Nurman Haris selaku ketua Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Kairo sekaligus lembaga pelindung Cakrawala. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan dari perwakilan pengurus Cakrawala setiap angkatan. Adapun visi diadakannya acara ini adalah untuk menciptakan lingkungan tulis-menulis yang kental antar Masisir.

Turut meramaikan reuni ini dengan beberapa penampilan diantaranya; Sayyid Qisthon dengan musikalisasi puisi “Pada Suatu Hari” karya Sapardi Joko Damono, pembacaan cerpen pemenang event lomba menulis Cakrawala, “Menyurati Keabadian” karya Wildah Binashrillah oleh Ilham Fajri juga pembacaan puisi “Keluarga Sah” oleh Idham Khadi yang merupakan pengurus Cakrawala periode 2017/2018.


Rentetan acara peringatan sewindu Cakrawala  dimulai dengan mengadakan lomba menulis essai, cerpen dan video puisi. Dilanjutkan dengan Workshop dan Bedah Buku 5 Titik 1 Koma (16/3) oleh Kamal Ihsan. Lalu acara Workshop Kepenulisan Opini dan Essai oleh Nur Fuad Shofiyullah, Lc., M.M. (23/3). Kemudian ditutup dengan “Cakrawala Bersua”.

Walau pada dasarnya Cakrawala sudah berumur lima belas tahun, yaitu pada tahun 2004, hitungan sewindu ini merujuk pada masa transisi dari era buletin menjadi majalah, yaitu tahun 2011.

“Jangan berhenti menulis, jangan menulis hanya untuk mengisi media, tapi untuk diri sendiri juga. Seperti kata Fiersa, menulis adalah terapi jiwa”, pesan Fikriyatul Ilmi, pengurus Cakrawala 2014/2015.

Agenda ini ditutup dengan kesepakatan keluarga besar Cakrawala untuk menelurkan sebuah mahakarya bersama. Kedepan, Cakrawala akan mengumpulan seluruh karya terbaik dari setiap pengurus dan membukukannya sebagai persembahan umur sewindu majalah Cakrawala. "Berkarya adalah melakukan sesuatu diluar kebiasaan,” ujar Irfan Khaerani, pimred Cakrawala 2016/2017.

Rep: Rahmadi P
Red: Naili

Tidak ada komentar:

@way2themes