Seminar Kepenulisan Esai dan Opini bersama Founder Cakrawala - IKPM KAIRO

Minggu, 24 Maret 2019

Seminar Kepenulisan Esai dan Opini bersama Founder Cakrawala


Doc: Seminar Kepenulisan Esai dan Opini

IKPM Kairo - Setelah berbagai program sukses diadakan, A'lama dan Cakrawala gelar seminar kepenulisan esai dan opini sebagai rentetan acara hari jadi yang ke-8 tahun atau disebut dengan sewindu jadinya cakrawala. Seminar yang diisi oleh Nur Fuad Shofiyullah, Lc., M.M. sebagai salah satu founder Cakrawala ini berlangsung hari Sabtu (23/3) pukul 14.00 CLT di Aula KMNTB.

Terlihat lima puluh peserta antusias mengikuti acara ini. Nurman Haris selaku ketua IKPM turut hadir bersama pengurus komunitas A'lama dan kru Cakrawala. Sebelum beranjak kepada pemateri, Muhammad Zaki sang moderator siang itu menyampaikan pada pembukaannya bahwa salah satu kemampuan menjadi penulis adalah menjadi sistematis dan analisis.


Ustadz Fuad, begitu sapaan akrabnya memaparkan secara singkat sejarah berdirinya Cakrawala, kemudian beranjak ke materi inti berupa kepenulisan esai dan opini. "Dalam  kepenulisan esai dan opini ada perbedaan, esai adalah menulis sesuatu yang unik. Uniknya esai terdapat pada paragraf pertama yang menunjukkan dasar dari sudut pandang yang dipakai. Sedangkan opini adalah pendapat, pemikiran atau pendirian yang terkait pada permasalahan saat itu yang diangkat secara aktual," ungkap Presiden PPMI tahun 2007 tersebut.

Tidak hanya materi yang diberikan, peserta juga melakukan praktek menulis esai dan opini, yang secara langsung dibedah oleh pemateri. Beruntung bagi tiga mahasiswa baru diantaranya Kholid A, Ridwan Fauzi dan Ilham Fajri yang mampu menulis karya dengan baik sehingga berkesempatan untuk membacakan hasil karya terbaik mereka di depan halayak ramai.

Acara ditutup dengan peresmian Cakrawala online dan diumumkannya pemenang lomba literasi yang diadakan oleh Cakrawala pada tanggal 04 sampai 14 Maret,  yang dengan ini berharap akan melahirkan generasi-generasi muda berkarya, kemudian diakhiri dengan foto bersama.

Rep: Diany dan Zuyyina
Red: Naili

Tidak ada komentar:

@way2themes