Sitti-L-Kull, Tuntas Cetak Figur Muslimah Azhariyah - IKPM KAIRO

Minggu, 31 Maret 2019

Sitti-L-Kull, Tuntas Cetak Figur Muslimah Azhariyah


Doc. Sitti-l-Kulli Berhasil Cetak Figur Muslimah, 30/3/19 di kesekretariatan IKPM

IKPM Kairo (30/3) - "Figure for Future", sebagai tema yang telah diusung pada acara Final Sitti-l-Kull, rupanya terlaksana dengan sukses besar. Dimulai sekitar pukul 11 siang hingga 4 sore, sekretariat IKPM kerap diramaikan oleh masisirwati. Merupakan bentuk acara masisirwati pertama kali yang ada, DP Keputrian IKPM bersama dengan Wihdah PPMI Mesir berhasil mencetak masisirwati terbaik sebagai qudwah untuk kedepannya.

Acara ini merupakan ajang showing tallent, mencakup semua elemen yang semestinya kaum wanita miliki. Akademis -baik pengetahuan umum, kenegaraan, dunia, ilmu alat, juga pengetahuan lintas fakultas Azhar- bakat, keterampilan, public speaking, keunggulan bahasa, dan kepercayaan diri semua dipertaruhkan dan dikemas dengan inner beauty sebagai fitrah kaum wanita semestinya. 

Dimulai dari sesi pertama, yakni tes tulis yang berjumlahkan 15 peserta perwakilan dari kekeluargaan, almamater mau pun independen (24/3). Terambil 10 peserta untuk berlanjut pada sesi kedua (27/3). Pada tahap ini, peserta diuji dalam kepenulisan dan kecakapan presentasi, juga kepercayaan diri dalam interview. Lolos menjadi 5 peserta untuk berlanjut di tahap ketiga, dan merekalah yang berjuang untuk memperoleh mahkota sitti-l-kull di panggung final nantinya.

Penilaian pada babak 3 ini diperoleh melalui 2 tahapan, dan kedua tahapan ini menjadi kesatuan poin yang diperjuangkan oleh para peserta nantinya. Mulai dari pengujian 2 segi  keterampilan, keterampilan kain dan keterampilan hias buah melon pada babak ketiga. Juga sesi on the stage pada acara final penentuan pemenang dan peserta favorit. 

Ternyata Zakia Rahmadani, mahasiswi tingkat 3 Syariah Islamiyah kekeluargaan KSMR inilah, yang berhasil membawa mahkota Sitti-l-kull dan uang 500 pound Mesir. Dilanjut dengan posisi ke-2 oleh Fina Nahdiyana Prabawaningrum, masisir tingkat 2 Syariah Islamiyah kekeluargaan KSW dengan hadiah 250 pound Mesir. Selain pemenang sitti-l-kull, panitia juga menyiapkan pemenang miss favorit, yang diraih oleh Nila Fariyal Muna, masisir tingkat 2 Psikologi kekeluargaan KSW juga. Dan ketiga peserta ini, juga mendapat uang tunai sebesar 100 pound Mesir. 

Furna Hubatalillah, sebagai ketua Wihdah 2018-2019, sangat mengapresiasi acara ini. "Secara tidak langsung dengan digelarnya acara ini, para masisir berlomba-berlomba dan mengerahkan semua pengetahuan, cakap, bakat yang mereka miliki," ujarnya. Namun menjadi evaluasi bagi para panitia, bahwasannya bisa terbilang acara ini masih diikuti hanya segelintir masisirwati dari jumlah total masisirwati yang ada di Mesir ini. Sebagai acara yang perdana digelar di Mesir, bisa jadi salah satu faktor dari segi antusias masisirwati tersebut.

Mufliha Ramadhia, ketua DP keputrian Mesir, mengaku berterimakasih kepada para ketua pelaksana acara Wildah Binashrillah, Lathifah Khumaira, dan Hantrini Rolistiani, beserta segenap panitia yang telah berjuang menyukseskan acara perdana Sitti-l-Kull ini. "Meski adanya kekurangan dan evaluasi, itu merupakan hal yang dapat dimaklumi. Disisi lain, acara ini terbilang sukses sebagai acara perdana dikalangan masisirwati, juga sebagai wadah masisirwati untuk mengeksplor kemampuan yang dimilikinya. Dengan harapan lebih baik untuk kedepannya, semoga acara ini dapat istiqomah dan terus mencetak figur-figur muslimah terbaik sebagai panutan kalangan masisirwati di Mesir," nasehat sekaligus pesan yang telah dilontarkannya. 

Rep: Nafisah
Red: Naili

Tidak ada komentar: