Mucab, Catatan Akhir Perjuangan Kabinet Cahaya - IKPM KAIRO

Senin, 15 Juli 2019

Mucab, Catatan Akhir Perjuangan Kabinet Cahaya

Doc. Dari kiri, Novan Hidayat, Adam Huda dan Musthofa, ketua IKPM cabang Kairo terpilih masa jabatan 2019/2020.

Patah tumbuh hilang berganti, Sebelum patah sudah tumbuh, sebelum hilang sudah berganti. Itulah salah satu nilai pondok yang selalu ditanamkan pada jiwa-jiwa santri gontory. Mengingat telah genapnya masa kepengurusan Azheema (angkatan kedatangan 2016) sebagai ketua IKPM Cabang Kairo periode 2018-2019. Maka dibentuklah panitia Musyawarah IKPM Cabang Kairo ke-35 (MUCAB) untuk menyukseskan acara ini, yang akan menentukan masa depan IKPM di satu tahun kedepannya. Adapun persiapan-persiapan yang dilakukan demi terjalannya acara dan acara penunjang terselengaranya acara, yaitu Pra Mucab.

Tepat pada tanggal 30 April 2019, panitia Musyawarah IKPM Cabang Kairo ke-35 (MUCAB) resmi dilantik. Pelantikan sekaligus kumpul perdana menjadi langkah awal pergerakan kepanitiaan ini, diikuti dengan penyusunan proker dan anggaran kepanitiaan. Berbagai persiapan mulai dipersiapkan, penyusunan tentatif kegiatan, pendataaan calon kandidat ketua IKPM periode 2019-2020, pembuatan panflet untuk mengenalkan para calon kandidat kepada seluruh warga IKPM, smart book, surat-surat peminjaman, hingga pengiriman surat undangan kepada para tamu undangan.

Dalam rangka mengingatkan kembali warga IKPM akan pentingnya acara yang nantinya diselenggarakan pada hari kamis,11 Juli 2019, diadakanlah Pra Mucab. Acara ini meliputi berbagai kegiatan penunjang yang memanjakan warga IKPM seperti cukur rambut, hijamah, pijat untuk para ikhwan, serta nonton bareng, masker wajah, jimbastik dan bermain musik bagi para akhwat.

Tak jauh hari dari diadakannya Pra Mucab, selang sehari setelahnya, Musyawarah Cabang Kairo pun dilaksanakan yang beralokasikan di Keluarga Masyarakat Sumatra Selatan (KEMASS) hari sabtu, 13 Juli 2019.

Terlihat dari antusias warga IKPM yang datang tepat waktu hingga acara dapat segera dimulai pada pukul 17:20 Clt. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Oh Pondokku, serta sambutan dari ketua panitia, ketua IKPM diikuti oleh sambutan oleh Dewan Pengawas Organisasi (DPO) dan Majlis Pengawas Organisasi (MPO).

“Milikilah rasa tanggungjawab, maka sifat-sifat yang lain akan mengikuti. Pegang dan jaga amanat ini dengan baik. Gunung dan bumi menolak saat diberikan amanat besar ini, tetapi manusia dengan sombong menerimanya,” nasehat Al-Ustadz Nurman Haris Nugroho selaku Ketua IKPM Cabang Kairo periode 2018-2019 dalam sambutannya.

Setelah sambutan selesai, acara diambil alih oleh presidium sidang. Adapun presidium yang menjaga ketertiban sekaligus menjadi pemimpin terjalannya Sidang Musyawarah Cabang Kairo Ke-35 dengan baik, diantaranya: Al-Ustadz Farhan Azis Wildani, Al-Ustadz Muhammad Kamal Ikhsan, Al-Ustadz Albi Tisnadi.

Sidang pun resmi dibuka. Kesepakatan tentatif acara dan tata tertib sidang dilanjutkan oleh laporan pertanggungjawaban dari Dewan Pengurus (DP) IKPM Cabang Kairo 2018-2019 dan verifikasi. Diakhiri dengan diterimanya laporan pertanggungjawaban dengan syarat melengkapi laporan pertanggungjawaban pada bagian sekretaris selama tiga kali dua puluh empat jam.

Adapun Dewan Pengawas Organisasi 2019-2020 yang terpilih sebagai berikut: Al-Ustadz Khafifuddin, Al-Ustadz Nurman Haris Nugroho, Al-Ustadz Afifuddin, Al-Ustadzah Annisa Arini Imania, Al-Ustadzah Muflihah Ma’sum.

Setelah pemungutan suara yang dilakukan secara voting oleh seluruh warga IKPM, akhirnya terpilihlah 3 ketua IKPM Cabang Kairo periode 2019-2020 sebagai berikut: Al-Ustadz Adam Huda Haqiqi, Al-Ustadz Mustofa Fadhilah Akbar, Al-Ustadz Muhammad Novan Hidayat.

Serah terima mandat dari DPO lama ke DPO baru dilanjutkan oleh serah terima mandat dari Ketua IKPM 2018/2019 kepada Ketua IKPM 2019/2020 dan sambutan dari Ketua IKPM terpilih. Perfotoan menjadi penutup acara sekaligus doa yang dipimpin oleh Al-Ustadz Zaki Ikhsan.


Red. Rahmadi P
Rep. Anisah Zahrah

Tidak ada komentar: