Idul Adha, IKPM Eksekusi 23 Hewan Kurban - IKPM KAIRO

Senin, 12 Agustus 2019

Idul Adha, IKPM Eksekusi 23 Hewan Kurban

(Doc) Panitia sedang menyembelih kambing kurban di belakang sekretariat IKPM (12/8).

IKPMKairo- Senin (12/8) IKPM Cabang Kairo gelar penyembelihan hewan kurban di daerah Gami Hay Asyir, tepatnya dibelakang kantor sekretariat IKPM Cabang Kairo. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini IKPM menyembelih 23 ekor hewan kurban diantaranya 5 domba dan 18 kambing dengan pendataan angkatan Ghazi berkurban 1 kambing, Kenzo 1 kambing, mediator Mumtaza 2 kambing, dan sisanya dari ahlu kurban.  Harga hewan pun bervariasi, mulai dari 1500 EGP hingga 3700 EGP.

“Alhamdulillah tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin. IKPM diamanati lebih sama masisir, tetapi ada beberapa kendala yaitu kekurangan tempat, tenaga, dan alat,” ungkap ketua panitia kurban Faizal Reza.

Tahun ini, Ghazi, angkatan kedatangan IKPM tahun 2018, diberi amanah untuk menjalankan kepanitiaan kurban. Dengan jumlah 23 hewan kurban, 22 hewan dinyatakan berkondisi baik dan 1 hewan kurban lainnya berkondisikan kurang sehat.

Seluruh panitia kurban, akan menyelesaikan pemotongan dan penyembelihan dalam satu hari penuh. Pembagian dari total hewan kurban sebagian akan dipakai untuk acara halal bi halal dan sebagian yang lainnya akan didistribusikan untuk seluruh warga IKPM dan tetangga sekitar.

“Kepanitiaan ini bukan sekedar panitia, panitia ini  adalah untuk hal ibadah, ini adalah hal yang 'khotir' atau darurat. Dari panitia sendiri harus memahami tata cara penyembelihan, kemudian pemotongan dan lain sebagainya. Karena ditakutkan akan mempengaruhi hal ibadah itu sendiri,” tutur ketua IKPM periode 2018/2019 Nurman Haris disela kesibukkannya.

Adam Huda Haqiqi selaku ketua IKPM memaparkan, “untuk kepanitiaan tahun ini alhamdulillah lebih baik dari tahun sebelumnya, kesalahan-kesalahan yang ada sudah diminimalisir karena adanya seminar-seminar kemarin, yang mempermudah panitia untuk melangkah menjadi lebih baik."

Penyembelihan kurban usai pukul 11.00 CLT. Berikutnya, diikuti dengan pembagian daging kepada senior dan warga IKPM.

Rep. Diany Mumtaz Hanifiah
Red. Rahmadi Prima

Tidak ada komentar: