Menyelami Nilai Gontor Melalui Dwi Bulanan Dewan Pengurus - IKPM KAIRO

Jumat, 11 Oktober 2019

Menyelami Nilai Gontor Melalui Dwi Bulanan Dewan Pengurus

IKPM Kairo - Setelah setahun mengarungi Mesir dengan segala liku dan perjuangannya, angkatan kedatangan 2018 kembali dididik melalui Dewan Pengurus IKPM Cabang Kairo 2019-2020 yang sudah berlangsung selama 2 bulan kepengurusan. Melihat kegiatan yang berlangsung di IKPM Kairo, sudah banyak yang mampu menebak jalannya kegiatan.  Namun lebih dalam dari itu, nilai yang ditanamkan Gontor jarang yang mengingatnya lekat, perlu kembali sentuhan, baik melalui media audio ceramah atau tulisan. Yang demikian tak luput untuk dirajut kembali walau sudah tidak berada di lingkup pondok. Melalui tulisan sederhana ini, diharapkan kembali membawa pembaca untuk mengingat nilai yang ditanamkan Gontor.

Doc. Pertemuan Dwi Bulanan Dewan Pengurus IKPM Cabang Kairo 2019-2020

Penulis mengajak untuk menyelami kembali nilai-nilai Gontor melalui pertemuan dwi bulanan Dewan Pengurus pada Jum'at malam (11/10) di Sekretariat IKPM Cabang Kairo. 'Gontor memberi kail, tidak memberi ikan', selama 5 hingga 6 tahun atau lebih, kita dididik dan diberi kail di pondok pesantren -dengan kyai sebagai sentral figurnya dan masjid sebagai pusat yang menjiwainya- dalam bentuk nilai dan pertahanan mental yang diterapkan di kehidupan bermasyarakat. Setelah melalui miniatur kemasyarakatan dalam lingkup pondok menjadi contoh untuk menerapkan di masyarakat setelah selesai ditempa hingga kail yang kita miliki mendapatkan ikan yang dinanti.

Untuk memperoleh ikan perlu kail dan pengaturan di dalamnya, sebagaimana pengorganisasian kemasyarakatan melalui nilai dan mental karakter. Kehidupan sehari-hari dan kemasyarakatan memerlukan adanya organisasi. Karena organisasi sendiri merupakan kerja sama dari dua orang atau lebih yang di dalamnya mempunyai tujuan yang sama, salah satu tujuannya adalah menjadi mundzirul qoum seperti halnya syiar pendidikan Gontor.

IKPM Cabang Kairo yang merupakan salah satu bentuk organisasi dengan sifat kekeluargaan menjadi wadah bagi Dewan Pengurus baru menerapkan kail untuk mendapatkan ikan. Kail berupa nilai dan mental serta ikan berupa dinamika kegiatan dan cita yang diusahakan yang diwujudkan melalui program kerja, penugasan dan pengontrolan, pengawasan, serta evaluasi yang hari ini kita terapkan di pertemuan dwi bulanan Dewan Pengurus IKPM Cabang Kairo.

Kail dan ikan, kita uji coba bersama di Dewan Pengurus IKPM Cabang Kairo 2019-2020. Bertolak kepada nasehat pak kyai Pondok Modern Darussalam Gontor tentang pergerakan, "taharrok fa inna fi al-harokah barakah" (bergeraklah, karena dalam pergerakan terdapat keberkahan) Kita uji apakah kail yang diberikan benar-benar sudah kita gunakan secara maksimal di Dewan Pengurus ini. "Hal tersebut sebagai bentuk tanggung jawab, amanat, serta khidmat, disamping kewajiban kita untuk menuntut ilmu di al-Azhar," tutur Muhammad Khafiduddin, selaku Dewan Pengawas Organisasi (DPO) IKPM Cabang Kairo mengawali sambutannya. 

Acara berlanjut dengan sambutan yang mengetuk jati diri, "Santri Gontor dididik untuk mempunyai otak besar, yaitu ketika dihadapkan kepada banyak kegiatan dia tetap bisa mengontrol. Karakter kita masih belum terlihat, masih perlu diasah, salah satunya diasah dengan kegiatan yang positif," tutur Adam Huda, selaku ketua IKPM Cabang Kairo dalam sambutannya yang diperoleh dari nasehat al-Ustadz Anizar Masyhadi saat pertemuan beberapa hari yang lalu.

Sejatinya apa yang diterapkan dalam dinamika kegiatan IKPM tak lain adalah untuk mempertahankan nilai dan mentalitas santrinya yang mana telah ditanamkan Gontor dari awal kaki dipijakkan di kampung nan damai, Darussalam. Disamping sebagai wadah silaturahmi secara dzahir yang mampu kita lihat, nilai dan mentalitas perjuangan pun mampu kita temui di dalamnya.

Untaian kalimat di akhir acara kembali mengingatkan pada sosok yang terlukiskan dalam hati yang terlihat melalui foto nan gagah di dinding Sekretariat IKPM, Trimurti dan Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor terkait dinamika kegiatan, "Tiada hari tanpa program, tiada hari tanpa usaha," tegas Muhammad Novan Hidayat mengigatkan pesan Trimurti seraya menutup acara dwi bulanan Dewan Pengurus IKPM Cabang Kairo 2019-2020.

Rep: Ummu
Red: Della

Tidak ada komentar: