Pesona Sinai Selatan dalam Perjalanan Sejarah dan Rohani - IKPM KAIRO

Selasa, 01 Oktober 2019

Pesona Sinai Selatan dalam Perjalanan Sejarah dan Rohani



Doc. Tur Sinai saat matahari terbit 

Menyusuri warisan alam yang terbentang seperti Sinai Selatan yang kaya akan sejarah dan nilai rohani menjadi nilai tambah tersendiri dari perjalanan-perjalanan lainnya. Tak bisa dipungkiri mata yang semakin jeli untuk merekam visual, telinga yang semakin tajam merekam audio alam dan penjelasan yang mengakar, serta jejak kaki yang lebih cepat berjalan menyusuri langkah orang-orang terdahulu dalam kisah sejarah; semuanya beradu bersama Armada Jelajah IKPM Cabang Kairo ke destinasi yang dinantikan, Sinai Selatan.

Rombongan yang berangkat sekitar pukul 01.30 dini hari pada Kamis (26/9) ini dari Hay Asyir melewati berbagai destinasi peninggalan sejarah. Dengan armada 3 bis inilah kami menelusuri destinasi yang telah ditentukan. Tak hanya untuk melihatnya dari segi pemandangan alam dan uji coba kemampuan dalam mendaki Jabal Sinai yang paling dinantikan, melainkan nilai sejarah dan rohani yang diambil dari pesona Sinai Selatan lebih mengikat pandangan dan pendengaran untuk tetap waspada.

Doc. Foto Bersama Angkatan Kedatangan IKPM 2018 di Jabal Musa

Armada jelajah tersebut mengambil destinasi pada 3 tempat secara umum, yaitu Tur Sinai, Dahad dan Sayrm el-Syeikh. Setelah menggali sejarah di Tur Sinai, refleksi bagi otak pun diperlukan. Dahab menjadi destinasi selanjutnya dengan padang pasir melalui ATV nya dan Laut melalui snorklingnya.
Bagi sang pemburu sejarah, perjalanan ini merupakan emas yang darinya diolah menjadi berbagai macam hasil produksi, baik dalam bentuk jepretan foto, video dokementer atau tulisan singkat hasil perjalanan tersebut.

Dalam hal ini, IKPM Cabang Kairo mencoba menampilkan  rekaman jejak perjalanan tersebut dalam bentuk tulisan singkat terkait Terusan Suez, Benteng Berlief, Abar Uyun Musa (Sumur Mata Air Musa), Wadi Arba’in, Jabal Sinai, Makam Nabi Sholeh dan Harun, Lembu Samiri, bekas jejak kaki kuda Malaikat Jibril, dan Syarm el-Syeikh yang menjadi destinasi terakhir perjalanan Armada Jelajah IKPM Cabang Kairo. Simak artikel selanjutnya untuk mengulang kembali penjelasan bagi para peserta serta sebagai pembukaan dan pengenalan bagi teman-teman yang akan mengunjungi di lain kesempatan.

Rep: Ummu
Red: Rima

Tidak ada komentar: