Siapkan Da'i Muda, IKPM Gelar Seminar Dakwah - IKPM KAIRO

Sabtu, 19 Oktober 2019

Siapkan Da'i Muda, IKPM Gelar Seminar Dakwah

Doc. Kamal Ihsan sedang mengisi seminar dakwah di sekretariat IKPM Cab. Kairo, Hayy Asyir (18/10)


IKPMKairo - Pada hari Jum'at (18/10), IKPM kembali mengadakan acara  yakni seminar dakwah yang bertajuk " Be a Preacher, Why Not?"  bertempat di aula IKPM Cab. Kairo,  Hayy Asyir (18/10).

Acara yang baru pertama kali diadakan ini diisi oleh Kamal Ihsan dan Asep Ribeiro selaku pemateri, dan juga dihadiri oleh beberapa peserta IKPM dari berbagai kalangan, baik senior maupun junior.

Tujuan diadakannya acara adalah untuk mengajarkan metode dakwah terlebih sebagai Azhary. Diawali oleh pembawaan MC, kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua IKPM, Muhammad Novan Hidayat diikuti ketua pelaksana, Ilham Fajri dan dilanjut inti acara.
Doc. Suasana seminar dakwah bersama Kamal Ihsan dan Asep Ribeiro

"Alhamdulillah pada hari ini, telah terlaksana seminar dengan nuansa baru yang sebelumnya belum pernah ada. Maka, kami berterima kasih sekali kepada teman-teman IKPM, pemateri, terlebih kepada panitia. Insyaallah, kedepan akan dibentuk komunitas dakwah sebagai bentuk follow up dari acara ini." ujar Novan dalam sambutannya.

Ilham menambahkan, "Acara ini adalah tindak lanjut dari ayat 'Wa ma kaana -l- mu'minuuna kaafatan.. dst". Dan juga, semoga kita dapat mengambil ilmu serta tak lupa kami selaku panitia meminta maaf apabila banyak salah," ucapnya.

Menurut Kamal Ihsan, dakwah adalah bentuk penyiaran syiar Islam kita kepada masyarakat. Maka, harus didasari dengan penyampaian dakwah dengan yang baik dan benar. Niatkan dakwah sebagai bentuk memperbaiki diri.

"Banyak orang berilmu, tetapi masih terkendala dalam klimaks atau inti penyampaian. Yaitu terkait gesture tubuh, intonasi, artikulasi bahasa dan banyak lagi. Maka, dimulai dari sinilah, kita bisa mengetahui dan belajar, supaya dakwah kita menjadi lebih baik." tambahnya.

Lebih lanjut, menurut Asep Ribeiro berdakwah itu mudah. "Kita semua pendakwah. Ketika kita pulang nanti, bisa gak bisa harus bisa ngomong atau berdakwah ke masyarakat. Apalagi kita berstatus sebagai lulusan Al Azhar", ujarnya.
Doc. Asep Ribeiro (kiri) menerima kenang-kenangan dari ketua pelaksana panitia seminar, Ilham Fajri (Kanan)

Acara yang berlangsung seru ini ditutup dengan sesi tanya jawab, penyerahan cinderamata kepada pemateri, dan terakhir sesi foto bersama.

Rep. Adrian Calvin
Red. Rahmadi Prima

Tidak ada komentar: