Prof. Dr. Musthofa Dasuki: Waqf, Instrumen Keumatan yang Diwariskan Syariat Islam - IKPM KAIRO

Selasa, 19 November 2019

Prof. Dr. Musthofa Dasuki: Waqf, Instrumen Keumatan yang Diwariskan Syariat Islam

IKPM Kairo - Guru Besar Ekonomi dan Keuangan dari Universitas 'Ain Shams Kairo, Prof. Dr. Musthofa Dasuki Kasbah, mengisi Seminar Waqf yang diadakan di Sekretariat IKPM Kairo pada Ahad (17/11).

Doc. Seminar Waqf bersama Prof. Dr. Musthofa Dasuki

Dalam pembukaannya, mantan Direktur Eksekutif Pusat Studi Ekonomi Islam Shaleh Kamel Universitas Al-Azhar ini menyampaikan perasaan bahagianya berada di tengah para alumni Pondok Modern Darussalam Gontor yang tengah menimba ilmu di Kairo.

"Berada di majlis ini, rasanya senang saya bisa kembali bertemu dengan anak-anak Darussalam (Gontor), kalian adalah anak-anakku, melihat kalian membuat saya kembali merindukan Darussalam, semoga saya bisa segera mengunjunginya." Ujar beliau.

Memasuki materi seminar, Dr Mustafa Dasuki Kasbah menyebutkan bahwa pengembangan konsep wakaf diperlukan dan bisa dilakukan dalam bentu-bentuk apapun.

“Improvisasi (wakaf) sangatlah terbuka secara fiqh karena hukum-hukum dalam fiqh wakaf lebih bersifat ijtihadiyya qiyasiyyah,” kata Mustafa Dasuki Kasabah kepada para hadirin di Sekretariat IKPM Kairo.

“Adapun acara dan implementasinya masuk dalam produk fiqh ijtihad qiyasi,” Beliau menambahkan.

Pada akhir acara, Dr. Musthofa menutup seminar dengan mengucap syukur dan berharap semoga seminar waqf ini menjadi agenda berkelanjutan.

"Saya sampaikan terimakasih kepada anak-anak Darussalam, seminar waqf ini saya harap menjadi agenda yang kontinyu, karena waqf adalah salah satu instrumen keumatan yang diwariskan syariah Islam.". Pungkas beliau menutup materi yang kemudian acara secara resmi ditutup seiring dengan penyerahan kenang-kenangan dari IKPM Kairo dan perfotoan bersama seluruh hadirin.

Rep: Hilmi
Red: Ummu

Tidak ada komentar: