Prof. Dr. Mustofa Dasuki: Sekilas Tentang Ilmu Wakaf - IKPM KAIRO

Rabu, 20 November 2019

Prof. Dr. Mustofa Dasuki: Sekilas Tentang Ilmu Wakaf

Pembahasan tentang wakaf tidak bisa diselesaikan dalam satu kali pertemuan, sepertihalnya seminar wakaf yang diadakan di IKPM Cabang Kairo. Seminar diadakan selama 2 kali pertemuan pada Ahad (17/11) dan Senin (18/11) di Sekretariat IKPM Cabang Kairo. Sebagai pembuka menunuju pembahasan wakaf, beliau mulai dengan membahas tentang ilmu dan ekonomi di pertemuan pertama.

Doc. Seminar Wakaf bersama Prof.  Dr Musthofa Dasuki

Beliau  mengibaratkan ilmu sebagai sebuah rumah yang memiliki banyak tingkat, di setiap tingkat memiliki banyak ruangan dan disetiap ruangan terdapat banyak kamar. Maka ilmu wakaf adalah kamar di sebuah ruangan yang terletak di suatu lantai dalam sebuah rumah yang besar, yaitu ilmu. Hal ini menjelaskan akan banyaknya cabang ilmu, dan beliau mengatakan bahwa beberapa ilmu saling terkait satu dan lainnya.

 Kemudia pada pertemuan selanjutnya, Prof. Dr. Mustofa Dasuki memperdalam penjelasan dan membaginya menjadi 3 unsur penting yaitu maudu’, manhaj dan adah. Selanjutnya penjelasan terkait apa yang dibutuhkan dalam memecahkan masalah  (tujuan ilmu), yaitu wasfu al-hal (memeriksa permasalahan yang terjadi), tahlil (memecahkan masalah yang ada), tafsir (menjelaskan mengapa dan bagaimana permasalahan terjadi), tanabu’ (menerangkan apa yang kira-kira akan terjadi selanjutnya dengan permasalahan tersebut), tahakkum/dhobt (mengambil keputusan).

Pada seminar ini pula, beliau menjelaskan bahwa ilmu wakaf mengalami  4 fase, pertama marhalah ijtihad wa ta’sis al madzhaby li fiqh waqf (dimulai dari wafatnya Rasulullah Saw. sampai akhir tahun ke-3 Hijriyah), kedua marhalah tafriq wa tafsil li ahkami-l waqf  (dimulai pada akhir tahun 3 H sampai tahun 13 H), ketiga marhalah at-tahwil min idari-l fiqh ila idari-l qonun (13-15 H), terakhir marhalahtu-l ijtihadu-l fiqh al mu’asir fi ahkam wa idari-l waqf (15 H sampai sekarang).

Seminar yang berakhir setelah ashar ini dilanjutkan dengan sesi pertanyaan hingga adzan maghrib berkumandang. Akhir kata beliau menutup dengan pernyataan, “Semakin sedikit tenaga yang dikeluarkan, maka semakin banyak zakat yang harus dibayar. Dan semakin banyak tenaga yang dikeluarkan, maka semakin sedikit zakat yang harus dibayar, hal ini menunjukkan keadilan Islam."

Demikianlah secara singkat pembahasan terkait wakaf yang disampaikan oleh Prof. Dr. Musthofa Dasuki di depan anak-anaknya, santri Darussalam, sebagaimana yang beliau sampaikan di pembukaan acara.

Rep: Nanda
Red: Ummu

Tidak ada komentar: