Keputrian IKPM Ikut Serta Safari Kajian DP Fatayat Kairo - IKPM KAIRO

Rabu, 26 Februari 2020

Keputrian IKPM Ikut Serta Safari Kajian DP Fatayat Kairo

Rabu (26/2) menjadi awal pembukaan Safari Kajian di kepengurusan DP Fatayat tahun ini. Sebuah komunitas kajian yang diusung oleh salah satu afiliatif Masisir di bawah kepengurusan divisi keilmuan ini mengaktifkan kembali kajian rutin bulanan mereka. Setelah sebelumnya rutinitas kajian sudah berjalan dengan anggota hanya dari  Fatayat saja, kini komunitas kegiatan kajian Dengan materi  yang merujuk pada Kitab 'Al-Mar'ah' karangan Syeikh Ali Jumuah mulai menggandeng beberapa keputrian di tiap-tiap Almamater.



Pada kesempatan kajian perdana di kepengurusan yang baru ini, keputrian IKPM juga Keputrian IKHLAS berkesempatan untuk mendelegasikan satu anggotanya memaparkan materi yang sudah ditentukan. Adapun Halah Fadhila, Mahasiswa Syariah wal Qanun dari IKPM membahas tajuk 'Huququ-l- Mar'ah fii Siyasiyyah" dan Siti Rija, Mahasiswi Bahasa dan Sastra Arab dari IKHLAS membahas tentang 'Dhorbu-l- Mar'ah fii Islam".

Kajian yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini menjadikan suasana ruangan hidup dengan adanya diskusi ringan seputar topik yang dibahas juga adanya tanya jawab antara anggota dan pemateri yang semakin membuka pengetahuan akan pandangan Islam terhadap wanita.

Mengambil intisari dari pemaparan materi terkait judul yang dibahas yaitu mengenai peran wanita di kancah politik  yang dibolehkan dalam Islam. Tentunya sesuai dengan aturan juga batas-batas syariat yang telah ditetapkan. Juga penegasan tentang pelarangan memukul wanita, terutama dalam lingkup rumah tangga yang menjadi tajuk kedua dari pemateri setelahnya.

Menurut penjelasan ketua Divisi Keilmuan Fatayat yaitu Qatrunnada memaparkan bahwa tujuan diadakannya kajian secara bergilir ini agar semakin mengeratkan silatturahim antar keputrian Almamater juga sebagai wadah berbagi ilmu serta maklumat akan materi kajian yang dibahas tentunya. Diharapkan untuk Pertemuan Safari Kajian berikutnya keputrian IKPM khususnya tetap dapat ikut andil mengikuti kajian ini.  Melihat manfaat juga tujuan yang diharapkan dari kegiatan Safari Kajian ini.

Rep: Wildah
Red: Ummu

Tidak ada komentar: