Rihlah Azhariyah: Membuktikan Mesir Adalah Pusat Keilmuan - IKPM KAIRO

Minggu, 16 Februari 2020

Rihlah Azhariyah: Membuktikan Mesir Adalah Pusat Keilmuan


Kedatangan mahasiswa baru disambut dengan berbagai introduksi, salah satunya Rihlah Azhariyah pada Sabtu (15/02). Acara tersebut merupakan kegiatan rutinan IKPM Cabang Kairo tiap tahunnya bagi mahasiswa baru. Peserta dibagi dalam 6 Kelompok dengan 6 senior pembimbing yang menjelaskan secara runtut mengenai banyak hal terkait al-Azhar dan Mesir dari segi keilmuannya.

Setelah semua berkumpul di Masjid al-Azhar, setiap kelompok memulai penjelajahan lautan ilmu sekitar masjid. Acara ini ditujukan untuk pengenalan berbagai Ruwaq (Majelis Ta’lim dalam Masjid Azhar), madhyafah, maktabah (toko buku) serta banyak pula makam yang dijelajahi.

Kegiatan ini tentunya sangat penting sebagai landasan dasar langkah mahasiswa baru dalam nemulai penimbaan ilmu di Negeri Kinanah ini. Dari sini, banyak pengetahuan tentang letak tempat talaqqi, khususnya di daerah Darrosah. Begitupula berbagai saran buku berserra tokonya, juga sejarah tokoh-tokoh muslim yang makamnya bersebaran sedemikian banyaknya.

Pada akhir acara, semua peserta berkumpul di Aula Sahah Indonesia, Darrosah. Dziaul Haq, selaku senior IKPM Cabang Kairo turut hadir memberi banyak advokasi. “Tetaplah menjadi gelas kosong yang akan selalu mudah menampung isinya,” paparnya dalam pembukaan sambutannya.

Beliau pun menyatakan bahwa Gontor baru nemberi kunci keilmuan, dan kita belum masuk ke dalamnya. Semua kembali pada diri masing-masing untuk membuka pintu tersebut. “Dengan pergerakan ini, benar-benar membuktikan petuah ayahanda K.H. Imam Zarkasyi: Jika kamu igin beribadah, pergilah ke Makkah dan Madinah. Jika kamu hendak belajar ilmu pengetahuan dan peradaban Islam, pergilah ke Mesir. Tapi jika jamu hendak mendapatkan pendidikan dan kedisiplinan, maka pergilah ke Gontor ”. Lanjut beliau menutup acara Rihlah Azhariyah.

Rep: Nur Hary
Red: Ummu

Tidak ada komentar: