Persiapkan Almamater Scientific Competition, Panitia Gelar Rapat Perdana - IKPM KAIRO

Senin, 02 Maret 2020

Persiapkan Almamater Scientific Competition, Panitia Gelar Rapat Perdana

Mendekati pertengahan 2020, IKPM Kairo kembali mengadakan agenda dwitahunan yang dikenal dengan Almamater Scientific Competition (ASC).  Singkatnya, ASC adalah pertandingan bidang keilmuan antar almamater se-masisir. Langkah awal, rapat perdana digelar di rumah Ka'bah (salah satu rumah IKPM), Gami, Hayy Asyir (1/3).

ASC yang akan diselenggarakan pada akhir Maret ini terdiri dari seminar dan beberapa lomba, antara lain : Cerdas Cermat, Pidato Bahasa Arab, Debat bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Kaligrafi, Firqotul Mujtahid dan beberapa lomba lainnya.

Sebelumnya, agenda ini bernama Almamater Scientific Challange (ASC). Namun, untuk sedikit penyesuaian, diubahlah menjadi nama akhirnya dari Challange menjadi Competition.

"Karena kata 'challenge' berarti tantangan, yang mana kurang cocok dengan bidang keilmuan, maka diubahlah menjadi 'competition' yang artinya kompetisi/perlombaan. Yang dinisbatkan ke ayat فاستبقوا الخيرات, maka tiap peserta dituntut untuk berlomba - lomba dalam kebaikan. Kalah menang bukan tujuan utama, tapi seberapa banyak ilmu dan pengalaman yang bisa di dapat dari acara ASC ini," ujar Ahmad Fauzan Al Faruq, ketua ASC 2020.

Panitia penyelenggara ASC sendiri terdiri dari mahasiswa baru dari Zaheeda, angkatan kedatangan 2019 yang dibawah naungan Div. Keilmuan IKPM.

Dengan terselenggaranya ASC ini, IKPM Kairo bertujuan untuk membidik 2 target yakni; bidang keilmuan dan sosial. Adapun di bidang keilmuan, agar menambah wawasan dan pengetahuan serta mengembangkan tingkat intelektualitas Masisir. Sedangkan dari segi sosial, untuk mempererat hubungan antar almamater dan mengenal lebih dalam anggota - anggota tiap almamater di Ardul Kinanah ini.

Rep. Abida Muallifa
Red. Rahmadi P

1 komentar: